Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Kemenag Sumbar Bantah Adanya Pemberangkatan Jemaah Haji Padang

  • Bagikan
Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri membantah adanya pemberangkatan Jemaah Haji Padang di masa pandemi Covid-19. (Foto: Humas)

Padang | Datiak.com – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Hendri, membantah informasi terkait rombongan jemaah haji Padang yang berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2020 saat pandemi Covid-19. Hendri menegaskan posting-an yang beredar di media sosial (medsos) itu, adalah informasi yang tidak benar atau hoaks.

”Ini (informasi naik haji, Red) tidak benar. Kalau dilihat foto yang ada di-posting-an itu, sudah jelas hoaks. Foto itu adalah foto tahun 2018 atas nama akun Robbyrotanayulian. Coba saja amati foto itu baik-baik,” ungkap Hendri, dikutip dari siaran pers Kanwil Kemenang Sumbar.

Sekadar diketahui, foto tersebut diunggah oleh akun Instagram Robbyrotanayulian pada 19 Agustus 2018 dengan teks foto ”kita nikmati kebersamaan yg indah ini walau entah sampai kapan kita slalu bersama”.

”Pada foto tersebut jelas sekali tahun fotonya 2018 dan pada bus yang terlihat di foto itu ada tulisan rombongan jemaah haji Kabupaten Sijunjung,” papar Hendri.

Lebih lanjut Hendri menegaskan sudah ada keputusan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H/2020 M.

”Kami di Kanwil Kemenag Sumbar juga sudah mensosialisasikan sampai ke 19 kantor Kemenag kabupaten/kota bulan Juni 2020,” terangnya.

Untuk itu, Hendri menegaskan tidak ada satupun pemberangkatan jemaah haji dari Sumbar selama pandemi Covid-19. Jadi, katanya informasi keberangkatan jemaah haji Padang adalah hoaks.

”Saya mengimbau kepada masyarakat Sumatera Barat, agar berhati-hati dan harus teliti mencermati setiap informasi yang diperoleh atau yang beredar di medsos. Pastikan kebenarannya sebelum di-sharing kepada orang lain, agar terhindar dari hoaks yang akan meresahkan masyarakat,” pungkas Hendri. (da.)

  • Bagikan