Iklan Melayang
Iklan Melayang

Kecelakaan Beruntun di Lembah Anai, AKDP Borneo Terjun ke Sungai

  • Bagikan
Kecelakaan di Lembah Anai diduga berawal dari truk tronton (kanan) mengalami rem blong. (Foto: Istimewa)
banner 468x60

Tanahdatar | Datiak.com – Kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Padang-Bukittinggi, tepatnya dekat wisata air terjun Lembah Anai, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanahdatar, Rabu (30/12). Kecelakaan di Lembah Anai itu, diduga berawal dari truk tronton yang mengalami rem blong.

Informasi yang dihimpun Datiak.com, kecelakaan beruntun di Lembah Anai tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Saat itu, satu unit truk dengan nomor polisi BK 9991 XA, berasal dari arah Padangpanjang menuju Padang. Nahasnya, jelang objek wisata air terjun Lembah Anai, truk itu diduga mengalami rem blong, sehingga menghantam sejumlah kendaraan di depannya.

banner 336x280

Bahkan, salah satu angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) milik PT Borneo yang menjadi korban kecelakaan itu, terpental keluar jembatan dengan kondisi tegak di dalam sungai. Samapi saat ini, proses evakuasi untuk mengeluarkan truk itu, masih dilakukan oleh Dinas Perhubungan dan Polres Padangpanjang.

Kecelakaan di Lembah Anai 12 Korban Dilarikan ke RS 1

Data yang diperoleh Datiak.com, sebanyak sembilan kendaraan yang menjadi korban kecelakaan tersebut. Yakni Toyota Avanza BE 1607 KM, Agya BK 1875 YR, Avanza BM 1770 JZ, Avanza BM 1210 PG, Kijang BA 1484 IH, Avanza BM 1169 YM, Rush BA 1670 ME, Toyota BA 7079 SU, lalu angkutan umum PT Borneo yang belum diketahui plat nomor polisinya.

Sekitar pukul 11.00 WIB, delapan minibus yang berserakan di jalanan pasca kecelakaan, sudah berhasil dievakuasi oleh jajaran Dishub dan Polres Padangpanjang. Sehingga, arus lalu lintas di tempat kejadian kecelakaan sudah kembali lancar.

“Sekarang kita sedang berusaha mengevakuasi minibus yang masuk ke sungai. Kalau kendaraan lainnya sudah berhasil kita evakuasi semuanya,” ujar Kasat Lantas Polres Padangpanjang, Iptu Saherman.

Ia menjelaskan, sejauh ini belum ada laporan korban jiwa karena kejadian tersebut. Namun, sebanyak 12 orang korban yang mengalami luka-luka di larikan ke Rumah Sakit Umum Daerah dan RS Yarsi Padangpanjang.

Yarsi Padangpanjang

– Adinda Wanda Putra (14), Pariaman
– Nanda Fernando (18 ), Pariaman
– Junaidi Efendi (30), Padang Lariang, Pariaman
– Romi Mulyanto (32), Pariaman
– Ucok Refmuliadi (47), Pariaman
– Zainudin (72), Pariaman
– Fadhila Puja Sridevi (11), Payakumbuh
– Nanda Kurniawan (13), Kampung Manggis
– Muhammad Abiyyu Nasution (15), Tabung Gadang
– Musri Muneng
– Saza

RSUD Padangpanjang
– Sofianita Hasibuan (21), Medan

Sopir Truk Sehat

Dalam peristiwa itu, polisi berhasil mengamankan sopir pengangkut truk BK 9991 XA tersebut. Bahkan, dikabarkan sopir itu sudah ditetapkan sebagai tersangka. Namun, sampai sekarang belum ada informasi identitas si sopir dari pihak kepolisian.

“Sekarang sopirnya (truk BK 9991 XA, Red) sudah di kantor. Kami masih menyelidiki identitasnya. Kalau kondisinya sehat,” ujar Iptu Saherman. “Artinya, kecelakaan diduga memang dari truknya,” imbuhnya.

Untuk itu, terkait dugaan kecelakaan karena blongnya rem truk itu, pihaknya masih melakukan penyelidikan. “Sopir belum kami tahan. Sebab kami harus menyelidiki terlebih dahulu, setelah itu baru naik ke penyidikan,” pungkasnya. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan