Iklan Melayang
Iklan Melayang

Kawasan Syekh Burhanuddin Makin Keren

  • Bagikan
pemateri kawasan burhanuddin
Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni saat menjelaskan tentang perkembangan pembangunan kawasan makam Syekh Burhanuddin. (Foto: Humas)
banner 468x60

Padangpariaman – Bupati Kabupaten Padangpariaman, Ali Mukhni mendukung penuh pengembangan kawasan wisata religius Syekh Burhanuddin di Ulakantapakis. Hal itu disampaikan Ali Mukhni dalam Talkshow/Ota Lapau Maha Karya Randai We’e Sipono, Kisah Perjuangan Syekh Burhanuddin, di Pusat Perfilman Usmar Ismail Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (7/3).

“Kita akan terus tata kawasan kawasan Syekh Burhanuddin layaknya kawasan wisata religi terkenal di Indonesia, bahkan bertaraf internasional,” ujar Ali Mukhni.

banner 336x280

Komitmen tersebut sudah dibuktikannya sejak lama. Terlebih pasca gempa 2009, banyak infrastruktur yang rusak di sana. “Tahun itu (pasca gempa, Red), kita langsung anggarkan untuk renovasi masjid Syekh Burhanuddin sekitar Rp 10 miliar,” ungkapnya.

“Selanjutnya, setiap tahun selalu kita anggarkan untuk pembenahan di sana. Dari dana APBD saja, sudah dikucurkan Rp 55 miliar untuk Masjid, lalu Rp 30 miliar untuk makam Syekh Burhanuddin,” imbuh bupati peraih Satya Lencana Pembangunan tersebut.

Disamping itu, dalam memajukan kawasan wisata religius itu, pihaknya turut membangun jalan penghubung, sehingga mempermudah akses dan kunjungan wisata.

“Tahun lalu sudah dibangun los-los bagi para pedagang. Sedangkan tahun ini akan dibangun penginapan dengan dana Rp 24 miliar,” ungkapnya.

Selain dari APBD, pihaknya juga mendapatkan bantuan dari Kementerian PUPR sekitar Rp 140 miliar. Untuk penyalurannya, sudah dilakukan secara bertahap.

Selain Talkshow/Ota Lapau, acara yang mengangkat tentang ulama penyebar Islam utama di Minangkabau tersebut juga dimeriahkan oleh stand-stand yang menampilkan kekhasan Padangpariaman maupun Kota Pariaman. Di antaranya menyangkut kuliner, kesenian, dan peragaan pakaian budaya. Puncak turut dimeriahkan dengan mahakarya randai, We’e Sipono. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan