Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Kapasitas Operator PPID di Pemkab Mentawai Diperkuat

Suasana diklat penguatan kapasitas operator PPID di lingkungan Pemkab Kepulauan Mentawai. (Sabarial/DatiakFoto)
518 pembaca

Mentawai | Datiak.com – Pemkab Kepulauan Mentawai perkuat kapasitas operator PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) mereka. Yakni melalui kegiatan bimbingan teknis (bimtek), yang digelar di Aula Graha Viona, Jalan Raya Tuapejat Km 6, Senin (11/7/2022).

“Ini bentuk komitmen kita untuk memberikan informasi secara lancar dan transparan kepada masyarakat atau publik,” ujar Pj Bupati Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan, saat membuka bimtek untuk penguatan kapasitas operator PPID di lingkup Pemkab Mentawai tersebut.

Menurutnya, operator PPID kunci mewujudkan komitmen keterbukaan informasi tersebut. Makanya, mereka harus terus diberikan pelatihan guna upgrade pengetahuan. Jadi, mereka bisa terus bekerja dengan baik.

“Pesan saya, peserta harus mengikuti bimbingan teknis ini secara serius hingga selesai. Sehingga, setiap ilmu yang diberikan benar-benar melekat dan dipahami,” ucap Martinus Dahlan.

Martinus Dahlan pun menjelaskan bahwa keterbukaan informasi publik suatu kewajiban bagi pemerintah. “Jadi, tidak ada informasi yang bersifat publik ditutup-tutupi. Sebab itu penting untuk masyarakat,” cermat bupati.

Untuk diketahui, bimtek penguatan kapasitas operator PPID tersebut, pesertanya dari 36 OPD yang ada di Pemkab Mentawai. Hal itu seperti tertuang dalam laporan panitia pelaksana kegiatan, yang disampaikan oleh Kabid Komunikasi, Marcolinus.

Tampak hadir dalam bimtek penguatan kapasitas operator PPID itu Sekdakab Mentawai, Kapolres AKBP Mu’at, Danlanal Mentawai, para kepala OPD di Mentawai, Komisioner Komisi Informasi Sumbar, serta Kabid IKP Diskominfo Sumbar. Selain itu, para kepala desa di daerah itu. (da.)

Avatar photo