Rabu, 28 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Kagumi Keindahan Mentawai, Gubernur: Rasa Kelapa Mudanya Beda

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, saat menikmati keindahan bawah laut di Awera Beach, yang berada di Pulau Simakakang, Sipora Utara. (Foto: Ist)
351 pembaca

Mentawai | Datiak.com – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, begitu kagum dengan keindahan Mentawai. Menurutnya, potensi Bumi Sikerei tersebut harus benar-benar digali secara maksimal, terlebih sektor pariwisatanya.

Mahyeldi mengungkapkan hal itu, setelah dirinya mengunjungi objek wisata Mentawai di Sipora Utara. Yakni Pantai Goisok Oinan di Kecamatan Sipora Utara. Bahkan, gubernur sempat menikmati keindahan bawah laut di Awera Beach, yang berada di Pulau Simakakang, Sipora Utara tersebut.

“Keindahan Mentawai yang sangat alami ini, mengandung nilai potensi pariwisata yang sangat besar,” kata Mahyeldi, saat memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat, di Aula Bappeda, Km 4 Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara pada Selasa (8/3/2022).

Rakor yang digelar selama dua hari tersebut, lanjut Mahyeldi, mengusung bertema “Sinergitas Pemerintah Daerah Dalam Mendukung Visit Beautiful Sumatera 2023”. Makanya, rapat itu digagap sangat cocok digelar di Kepualaun Mentawai.

“Misi ke-5 RPJMD 2021-2026 Pemprov Sumbar yaitu meningkatkan ekonomi kreatif dan daya saing kepariwisataan. Makanya, pencanangan Visit Beautiful West Sumatera 2023 bisa menjadi kunci dalam mencapai misi tersebut,” ungkap Mahyeldi.

Menurutnya, keindahan Mentawai menjadi potensi wisata yang mampu menarik perhatian wisatawan lokal hingga mancanegara, yang dapat berkontribusi menyukseskan Visit Beautiful West Sumatera 2023.

“Pariwisata salah satu program unggulan Pemprov Sumbar. Sebab, potensi alam, budaya dan kuliner di Sumbar yang sangat unik, bisa menjadi daya tarik wisatawan,” hemat Mahyeldi.

Untuk itu, lanjut gubernur, pemerintah provinsi hingga kabupaten/kota di Sumbar, harus merancang strategi dalam memajukan pariwisata di Sumbar. Misalnya dengan gencar melakukan promosi, serta menggelar event yang mampu memunculkan potensi wisata di setiap daerah di Sumbar.

“Khusus Mentawai, potensinya sudah sangat luar biasa. Pariwisatanya sudah istimewa karena keindahan Mentawai ini. Air kelapa mudanya saja, rasanya beda. Enak sekali,” hemat Mahyeldi.

“Jadi, tinggal melindungi alamnya, agar keindahan Mentawai selalu terjaga. Lalu, pengembangan fasilitas seperti infrastruktur. Dengan begitu, pasti akan sangat menarik perhatian wisatawan,” tukas gubernur sembari berterima kasih kepada Pemkab Kepulauan Mentawai karena menjadi tuan rumah yang baik dalam pelaksanaan rakor tersebut.

Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet pun mengungkapkan kegembiraannya, di sela-sela istirahat rakor pada Selasa (8/3). “Kita sangat berterima kasih Mentawai dijadiakan tuan rumah rakor ini. Sebab, hal ini baru pertama kali sejak 15 tahun saya diamahkan masyarakat untuk memimpin Mentawai,” ungkap Yudas.

Yudas berharap, ke depan kegiatan yang melibatkan seluruh kabupaten/kota di Sumbar seperti itu, dapat digelar kembali di Mentawai. Sehingga, Pemkab Mentawai terus terpacu dalam bekerja menjadikan Mentawai lebih baik. (da.)


Baca berita Mentawai hari ini di Datiak.com.

Avatar photo