Kades Mara Minta PPL Maksimal dan Benahi Infrastruktur Pertanian

14 Hektare Terbuka, Petani sudah Diberi Bibit Padi

  • Bagikan
kades mara pertanian
Kades Mara, Hartarto, saat meninjau petani di Dusun Monga yang sedang menanam padi. (Foto: Sabarial/Datiak.com)

Mentawai | Datiak.com – Kades Mara sangat mengharapkan dukungan dan keseriusan penuh dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam mendampingi petani di desanya. Sehingga, apa yang dilakukan petaninya benar-benar membuahkan hasil yang maksimal. Misalnya dalam hal bertanam padi.

Hal itu disampaikan Kepala Desa (Kades) Mara, Hartarto, karena melihat tingginya semangat petani di Desa Mara. Makanya, ia sangat mendukung petani di sana melalui berbagai bantuan. “Sekarang 2 kelompok tani kita di Dusun Monga sudah membuka lahan seluas 14 hektar untuk menanam padi,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya memberikan bantuan bibit padi kepada 2 kelompok tani tersebut. “Untuk sementara ini, penanaman padi dilakukan secara manual di lahan seluas 14 hektare itu oleh petani kita. Makanya, kita berikan dukungan penuh atas semangat petani kita itu,” ujar Kades Mara.

Ke depan, ia berharap PPL lebih serius dalam mendampingi petani di Desa Mara. Mulai dari penanaman hingga masa panen. Jadi, apa yang dilakukan petani di sana benar-benar membuahkan hasil sesuai harapan.

“Keseriusan tenaga pendamping terhadap masyarakat dalam meningkatkan hasil produksi pertanian sangat dibutuhkan. Tentunya pendampingan dimulai dari bercocok tanam hingga panen,” hematnya.

Selain itu, dirinya juga sudah menyampaikan usulan saat diskusi dengan masyarakat bersama Camat Sipora Selatan. Yakni dilakukannya pembenahan infrastruktur pertanian. Misalnya jalan pertanian, irigasi, fasilitas huller padi.

“Infrastruktur ini sangat penting karena lahan peraswahan yang dikembangkan oleh petani kita sangatlah luas,” ucapnya.

Jika kedua harapan itu terpenuhi, ia optimis petani di Desa Mara mampu produktif. Sehingga, mereka dapat menjadi sumber kekuatan pangan desa bahkan kecamatan dan Kabupaten Kepualauan Mentawai.

“Mudah-mudah, apa yang dilakukan petani kita tahun ini, sudah bisa kita nikmati di tahun depan,” tukas Kades Mara itu. (da.)

Baca berita Kepulauan Mentawai hari ini di Datiak.com.

  • Bagikan