Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Jumlah Koperasi Tidak Aktif Meningkat, Dinas Maksimalkan Pembinaan

  • Bagikan
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang, Syuhandra bahas soal koperasi di Padang. (Foto: Istimewa)

Padang | Datiak.com – Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang, Syuhandra, mengatakan bahwa di Padang terdapat 425 koperasi yang aktif. Pihaknya terus melakukan pembinaan hingga pengawasan, sehingga koperasi itu terus berjalan baik.

Ia menjelaskan, dukungan dan pembinaan yang diberikan terhadap koperasi di Padang berupa pelatihan terkait SOP, SDM hingga akuntansi. Dengan begitu, diharapkan skill dan knowledge SDM setiap koperasi di sana terus mengalami peningkatan.

“Contohnya soal akuntansi itu kan banyak turunannya. Mulai dari pembukuan hingga pembuatan neraca. Begitupun menyangkut SOP. Makanya ini penting kita ajarkan kepada SDM di koperasi,” ujar Syuhandra.

Sedangkan untuk proses pembinaan, pihaknya langsung turun lapangan melihat geliat setiap koperasi di Padang. Jadi, pihaknya mengetahui langsung segala kebutuhan dan kekurangan setiap koperasi. “Jika ada yang kurang, kami akan langsung memberikan saran,” pungkasnya.

Data yang dihimpun Datiak.com, Padang tercatat memiliki sebanyak 732 unit koperasi. 425 unit di antaranya memang berkembang baik. Sayangnya, 307 unit koperasi lainnya kini sudah tidak aktif. Jumlah koperasi tak aktif itu meningkat dibandingkan tahun 2019 lalu, yakni 54 unit dari 717 unit koperasi.

Penyebab tidak aktifnya koperasi tersebut begaram. Mulai dari faktor kekurangan modal, tidak melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), tidak adanya laporan keuangan, ataupun masalah lemah dan minimnya SDM di koperasi tersebut. (da.)

BACA JUGA:  STA GMB Dipercaya Bisa Cekal Tengkulak di Padangpanjang
  • Bagikan