Iklan Melayang
Iklan Melayang

JPRMI Padang Bertekad Rangkul Pemuda Memakmurkan Masjid

  • Bagikan
Pengurus JPRMI Padang usai dilantik di Palanta Walikota Padang, Minggu (4/4).
Foto: Dok JPRMI Padang
banner 468x60

Padang | Datiak.com – Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid (JPRMI) Kota Padang periode 2021/2024 dilantik di Palanta Walikota Padang, Minggu (4/4). JPRMI Padang bakal menjadi organisasi yang vital dalam memakmurkan masjid. Untuk itu, keberadaannya mendapat dukungan penuh dari pemerintah setempat.

Seperti diketahui, JPRMI lahir dari keinginan bekerja sama para pemuda dan remaja masjid untuk memakmurkan masjid. Keinginan itu muncul dari rasa prihatin melihat masjid yang hanya diramaikan kalangan lanjut usia (lansia).

banner 336x280

Penyebab lain yang mendorong munculnya JPRMI, karena sangat minimnya masjid yang memiliki organisasi yang memadukan pemuda dan remaja masjid. Kalaupun ada, kebanyakan kepengurusan organisasi pemuda dan remaja masjid tersebut, tidak aktif berkegiatan. Terlebih di masa pandemi saat ini.

Padahal, perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat, menjadi tantangan terbesar bagi pemuda ataupun kalangan remaja mengontrol diri. Apalagi pengaruh budaya asing kian mewarnai segala sisi kehidupan. Yang paling kentara yaitu cara berpakaian.

Untuk itu, JPRMI bertekad bakal menjadi wadah untuk merangkul pemuda atau kalangan remaja menuju masjid. Dengan begitu, para pemuda dan remaja bisa terhindar dari segala hal negatif yang merusak masa depan mereka.

“Insya Allah, JPRMI Padang akan selalu menjadi wadah bagi pemuda dan remaja dalam memperkuat pondasi iman dan akhlak. Kita harus memahami bahwa masjid memiliki potensi yang besar dalam mewadahi generasi muda,” kata Ketua JPRMI Padang periode 2021/2024, Dedi Umbara.

Pesan Ketua JPRMI Sumbar

Dalam pelantikan 27 orang pemuda yang tergabung di JPRMI Padang periode 2021/2024 tersebut, turut hadir Ketua JPRMI Pengurus Wilayah Sumbar, Zulfahman. Ia menjelaskan bahwa dimakmurkannya masjid oleh pemuda dan remaja, merupakan awal kebangkitan peradaban Islam.

“Dahulu, hal pertama yang dilakukan Rasulullah ketika hijrah ke Madinah adalah mendirikan Masjid Quba. Jika dahulu masjid hidup karena di masanya ada Rasullullah, kini ia tidak akan redup dan mati karena akan tetap dihidupkan oleh pemuda dan remaja yang senantiasa mencari ridho Ilahi,” ujarnya optimis.

Untuk itu, ia berharap keberadaan JPRMI diharapkan bisa menjadi penggerak bagi pemuda dan remaja masjid, khususnya di Kota Padang yang baru saja dilantik kepengurusannya. Terlebih lagi, dalam pelantikan sekaligus dilakukan rapat kerja JPRMI, untuk merancang program-program syiar Islam bagi pemuda di setiap masjid.

“Ini juga bisa menjadi peluang untuk kolaborasi dengan organisasi pemuda dan remaja masjid di setiap kecamatan di Kota Padang,” pungkasnya. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan