Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Jenazah Kopda Hendrianto, Prajurit Satgas Yonif 133/YS sampai di Padang Pagi Ini

Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Rayen Obersyl, saat memberikan keterangan pers, kemarin (26/12/2023). (Foto: RRI)
110 pembaca

Padang | Datiak.com –  Pagi ini (27/12/2023), jenazah Kopda Hendrianto, prajurit TNI yang gugur dalam serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua Barat Daya, tiba di Padang. Hal ini disampaikan Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Rayen Obersyl, dalam jumpa pers, kemarin (26/12/2023).

Brigjen TNI Rayen Obersyl menjelaskan, jenazah Kopda Hendrianto dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Minangkabau (bim), Padang Pariaman, pada pukul 09.15 WIB.

Proses pemulangan jenazah Kopda Hendrianto dimulai dari Sorong. Di mana jenazah diterbangkan ke Makassar. Setelah transit di Makassar, perjalanan dilanjutkan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, sebelum akhirnya menuju Padang.

Sesampainya di Padang, sambungnya, jenazah Hendrianto akan disemayamkan sementara di Makorem 032/Wbr. Setelah itu, barulah diberangkatkan ke kampung halamannya di Kabupaten Kerinci untuk dikebumikan.

”Kopda Hendrianto salah seorang prajurit TNI yang terkena serangan KKB pada Senin siang (25/12/2023),” kata Danrem.

Ia pun menjelaskan bahwa serangan KKB terjadi setelah prajurit Satgas Yonif 133/YS melaksanakan ibadah Natal di Gereja Vito Kisor, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat.

Selain Kopda Hendrianto, Pratu Verengki Iman Setia Gulo juga terkena serpihan peluru di perut sebelah kanan. Beruntung, Pratu Verengki berhasil dioperasi. Sekarang, kondisinya sudah normal.

Brigjen TNI Rayen Obersyl sangat mengecam keras tindakan KKB yang menciderai damai Natal dan merenggut nyawa seorang prajurit TNI.

“Saya mengajak seluruh pendeta di Gereja Katolik maupun Protestan untuk mengecam tindakan KKB, karena mereka telah menciderai hari suci Natal,” tegas Danrem. (*)