Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Jawaban Yudas Soal Sembako Mahasiswa Mentawai

  • Bagikan
Jawaban Yudas Sabaggalet soal kondisi mahasiswa Mentawai di Padang, yakni akan menindaklanjuti segera laporan mahasiswa apabila disampaikan secara tertulis ke Pemkab Kepulauan Mentawai. (Foto: Mentawaikab.go.id)

Padang | Datiak.com – Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet merespon soal kondisi mahasiswa Mentawai di Padangpariaman. Namun, jawaban Yudas belum memberi gambaran kepastian kapan akan disalurkan bantuan untuk mahasiswa dari Bumi Sikerei tersebut.

Seperti diketahui, Pemkab Kepulauan Mentawai memutuskan untuk melakukan karantina lokal selama 14 hari, yang dimulai sejak 31 Maret 2020. Hal itu ditujukan untuk mencegah merambasnya wabah Covid-19 ke Bumi Sikerei tersebut.

Penetapan karantina lokal itu membuat kapal yang berangkat dari Padang ke Mentawai tidak diizinkan lagi membawa penumpang. Begitupun sebaliknya. Kondisi itu dikeluhkan mahasiswa Mentawai yang masih berada di Padang, karena mereka terancam kesulitan memenuhi kebutuhan makannya.

”Kita sudah sampaikan kondisi ini ke pihak pemda (Pemkab Mentawai, Red), tetapi tidak ada respon sampai sekarang,” ujar Ketua Forum Mahasiswa Mentawai, Eko Zebua, via WhatsApp pribadinya, Kamis (2/4) malam.

Untuk itu, para mahasiswa tersebut kini berupaya untuk memenuhi kebutuhan sembakonya diperantauan, dengan cara menggalang sumbangan. ”Ada sekitar 169 orang mahasiswa Mentawai yang sudah kita data. Kita yakin masih banyak teman-teman yang belum masuk data kita saat ini,” ungkapnya.

Kondisi para mahasiswa Mentawai di Padang tampaknya belum diketahui Yudas ketika dikonfirmasi Datiak.com via WhatsApp pribadinya, Jumat (3/4). ”Kenapa bukan yang bersangkutan (mahasiswa yang diwakili Forum Mahasiswa Mentawai di Padang, Red) berurusan,” jawab politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Setelah diberitahu bahwa mahasiswa sudah melapor ke Pemkab Mentawai, Yudas mengatakan akan menindaklanjutinya. ”Ok, kalau ada laporan tertulis kita akan follow berdasarkan ketentuan yang ada,” jawaban Yudas mengakhiri chat WhatsApp dengan Datiak.com.

Sebelumnya, Ketua Forum Mahasiswa Mentawai juga mengatakan, pihaknya menggalang bantuan hingga ke para pegiat sosial. Jadi, mereka dengan senang hati menerima bantuan berupa sembako ataupun uang tunai.

”Dermawan yang ingin menyerahkan bantuan sembako bisa menghubungi via WhatsApp Yeefshanthinust atau Laurensius Sakailoat. Posko donasi kami di Jl. Bengkuang I No. 03, Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang,” pungkasnya. (da.)

  • Bagikan