Jalan Muaro Sijunjung Menuju Silokek Rusak Berat

  • Bagikan
Warga tampak nekat melintasi Jalan Muaro Sijunjung menuju Silokek yang mengalami kerusakan berat. (Foto: Istimewa)

Sijunjung | Datiak.com – Jalan Muaro Sijunjung menuju Silokek rusak berat. Selain itu, tiga titik ruas jalan di di Kabupaten Sijunjung itu amblas, Kamis (26/11). Sejumlah pengendara tetap nekat melintasi jalan tersebut. Walaupun mereka harus mengangkat sepeda motor beramai-ramai melewati pinggir tebing.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sijunjung berencana akan melakukan perbaikan melalui anggaran belanja tidak terduga (BTT). Tiga titik kerusakan badan jalan panjangnya mencapai 300 meter terbilang cukup parah.

Satu unit alat berat yang dikirim Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sijunjung ke lokasj juga tidak bisa bergerak lantaran parahnya kerusakan badan jalan. Hingga kemarin sore alat berat tersebut dilaporkan masih terparkir dekat lokasi bencana.

BACA JUGA:  Ini Daerah Asal 27 Pasien Positif Corona di Sumbar

Wali Nagari Silokek, Mardison, menuturkan warga Silokek hendak menuju Muaro Sijunjung tertahan di dekat lokasi bencana. Begitupun sebaliknya. “Lokasi bencana masuk dalam kawasan Muaro Sijunjung, berstatus jalan lintas kecamatan,” ujarnya.

Kondisi demikian, dilaporkan ada sejumlah warga tetap ngotot menerobos, hingga kendaraan digendong beramai-ramai. Hal ini jadi pilihan karena jalan memutar menuju Durian Gadang jaraknya jauh mencapai 30 kilometer.

Kepala BPBD Sijunjung, Henri Chaniago, menyebut telah menurunkan petugas ke lokasi kejadian. “Rencananya kita akan ajukan proses perbaikan dengan memanfaatkan anggaran belanja tidak terduga (BTT),” ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan, Henri Chaniago mengimbau para warga untuk tidak menerobos titik bencana. Karena titik bencana dilaporkan masih labil, hingga pada sewaktu-waktu dikhawatirkan bisa berujung bencana susulan. Termasuk ancaman longsor yang selama ini terbilang rawan di kawasan tersebut. (da.)

  • Bagikan