Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Jalan Lingkar Utara Kelurahan Laing Kota Solok Sangat Memprihatinkan

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar, saat mengecek langsung kondisi Jalan Lingkar Utara menuju Kelurahan Laing yang tampak memprihatinkan. (Foto: Prokomp Kota Solok)
109 pembaca

Kota Solok | Datiak.com – Kondisi Jalan Lingkar Utara Kelurahan Laing, Kecamatan Tanjung Harapan, sudah sangat dikeluhkan oleh masyarakatnya. Sebab, jalan yang rusak dan sulit dilalui, dapat mengancam keselamatan mereka.

Jalan Lingkar Utara Kelurahan Laing tersebut, bukan hanya sebagai akses utama masyarakat dalam kegiatan sehari-hari, tetapi juga penghubung antara kawasan Laing Pasia dan Laing Taluak. Selain itu, juga akses menuju SDN 17 Kota Solok.

Ketua RW 1 Kelurahan Laing, Jumanda Putra, menyatakan kekhawatiran atas kondisi jalan yang dinilai sangat berbahaya dan tidak memungkinkan untuk dilalui. Menurutnya, keluhan terkait jalan ini sudah lama disampaikan, namun belum mendapatkan respon yang memuaskan dari pihak pemerintah.

“Kami sudah bosan menyuarakan keluhan ini. Respon kunjungan lapangan dari pemerintah sering terjadi, tapi realisasi perbaikan belum terlihat hingga sekarang,” ujar Jumanda.

Ia menjelaskan keprihatinan ketikan melihat langsung ada warga terjatuh saat melintasi Jalan Lingkar Utara Kelurahan Laing itu. Apalagi anak-anak sekolah yang harus melewati jalan yang sangat rusak  itu setiap pagi.

“Kami sangat mengharapkan Pemerintah Kota Solok, khususnya Dinas PUPR, untuk segera memperbaiki jalan di kelurahan kami. Kondisi ini bisa semakin parah jika turun hujan,” tambahnya.

Meskipun pernah mengalami kekecewaan dari respons pemerintah sebelumnya, Jumanda tetap memohon agar perhatian serius diberikan terhadap masalah jalan di Kelurahan Laing.

Ia juga menyatakan bahwa masyarakat Laing merasa diabaikan dan menginginkan pemulihan jalan lama sebagai solusi, setidaknya pengerasan sementara agar tidak membahayakan.

Menanggapi keluhan masyarakat, Wali Kota Solok Zul Elfian Umar bersama pejabat terkait melakukan rapat koordinasi pada Selasa (16/1/2024).

Koordinasi tersebut melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Pangan, dan Dinas Pendidikan Kota Solok.

Setelah mendengar masukan dari berbagai pihak, Wali Kota Solok dan OPD terkait langsung menuju lokasi yang berada di Jalan Lingkar Utara Kelurahan Laing.

Dalam koordinasi tersebut, Zul Elfian menegaskan bahwa perbaikan jalan harus dilakukan dalam waktu dekat untuk mengurangi lumpur yang memenuhi badan jalan.

“Saya sudah tugaskan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang terkait bagaimana teknis dan langkah-langkah, (perbaikan jalan) harus dilakukan dalam waktu dekat, untuk mengurangi lumpur yang memenuhi badan jalan,” ungkapnya.

Zul Elfian juga menekankan pentingnya menjadikan lalu lintas umum layak digunakan kembali dengan melakukan perbaikan aspal dan pembuatan drainase yang lebih memadai. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan keselamatan bagi masyarakat yang menggunakan jalan tersebut. (*)


Avatar photo
putri maharani kontributor oke
hasnul uncu wartawan datiak