Jalan Korong Tarok Terbuka Berkat Dukungan Warga

  • Bagikan
Pembukaan salah satu Jalan Korong Tarok yang dilakukan bersama warga dan DPUPR Padangpariaman pada Rabu (7/10). (Foto: Humas)

Padangpariaman | Datiak.com – Warga Korong Tarok, Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2×11 Kayutanam kini bisa bernafas lega. Sebab, jalan Korong Tarok yang mereka idamkan, sekarang sudah terwujud. Hal itu setelah ekskavator Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Padangpariaman membuka jalan sepanjang 500 meter sejak Selasa-Rabu (6-7/10) di sana.

“Alhamdulillah, menyurvei, mengukur, mendata serta mendatangkan ekskavator dalam hal perencanaan program swadaya masyarakat untuk membuka akses Jalan Tokoan ke Simpang 4. Terima kasih kita sampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah ikut mendukung program ini,” kata Wali Korong Tarok, Ilham Perdana Haris, Rabu (7/10).

Katanya, jalan Korong Tarok yang dibuka itu, panjangnya sekitar 500 meter dengan lebar 6 meter. Ia melihat warga sangat antusias dengan pembukaan jalan, sehingga mereka menyerahkan tanahnya untuk kepentingan umum tanpa ganti rugi.

BACA JUGA:  Kehumasan di KPU Padangpariaman Diperkuat

Hal itu dibenarkan oleh salah seorang ninik mamak Korong Tarok, Das Dt Lelo Panjang. Katanya, setelah warga sepakat menyerahkan tanah, ninik mamak bersama wali korong dan wali nagari langsung menyurati Kepala Dinas PUPR Padangpariaman.

“Kita menyurati dinas untuk minta bantu membuka akses jalan ini. Alhamdulillah Kepala Dinas PUPR merespons dengan cepat. Tak sampai satu bulan, alat berat sudah sampai di lokasi,” kata Datuak Lelo Panjang.

Untuk itu, imbuhnya, warga sangat berterima kasih kepada bupati, kepala dinas, wali nagari serta wali korong atas pembukaan akses tersebut. “Tahap awal sudah terbuka jalan tanah yang bisa dilalui kendaraan roda empat. Mudah-mudahan berikutnya jalan ini bisa ditingkatkan lagi ke semenisasi atau pengerasan,” harapnya.

BACA JUGA:  Imapar UIN IB Minta Dukungan Fasilitas dari Pemkab Padangpariaman

Menurutnya, terbukanya jalan itu dapay memperlancar mobilisasi hasil pertanian di sana. Warga juga tidak kesulitan lagi memasukan bahan bangunan ketika memperbaiki rumah. “Selama ini hanya ada jalan setapak. Kalau musim hujan susah dilalui. Kalau mau membangun hanya bisa pakai gerobak dan tentunya memakan waktu, tenaga dan biaya,” jelasnya.

Sedangkan Kadis PUPR Padangpariaman Deni Irwan mengapresiasi masyarakat Korong Tarok karena bersedia menyumbangkan tanahnya. “Semoga pembukaan akses jalan ini bermanfaat bagi masyarakat setempat,” ujarnya. (da.)

  • Bagikan