Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Jabatan Wali Nagari Paritmalintang Memiliki Tugas Berat

  • Bagikan
Wabup Padangpariaman, Suhatri Bur, berpesan bahwa jabatan Wali Nagari Paritmalintang sangatlah besar tanggung jawabnya, karena letak nagarinya di pusat Kabupaten Padangpariaman. (Foto: Istimewa)

Padangpariaman | Datiak.com – Mengemban jabatan Wali Nagari Paritmalintang sangatlah berat. Pasalnya, nagari yang terletak di Kecamatan Enamlingkung tersebut, pusatnya Kabupaten Padangpariaman. Pendapat itu disampaikan Wakil Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, saat pelantikan Pj Wali Nagari Paritmalintang, Jonriswan, di Kantor Wali Nagari Paritmalintang, Jumat (29/1).

“Dalam Surat Keputusan Bupati, Pj Wali Nagari Paritmalintang akan menjalankan tugas selama 8 bulan. Jadi, Pj Wali Nagari harus bisa cepat dalam membangun koordinasi yang solid dengan seluruh perangkat nagari. Sebab banyak tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan,” hemat Suhatri Bur.

Salah satu tugas penting Pj Wali Nagari Paritmalintang ke depan, menurutnya yaitu menyusun APB Nagari. Ia meminta Pj Wali Nagari untuk teliti dalam penyusunannya, sehingga sesuai aturan yang berlaku. Selain itu dapat mengedepankan skala prioritas nagari.

BACA JUGA:  Seorang Pengasuh Ponpes di Kabupaten Solok Diduga Sodomi Santri

“Siapkan juga (dalam APB Nagari, Red) untuk kondisi kita yang kini masih dalam masa mencegah dan memberantas Covid-19,” kata Suhatri Bur mengingatkan.

Intinya, ia berpesan agar penyusunan APB Nagari harus dapat memperhatikan kebutuhan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Caranya dengan program padat karya tunai. Ia yakin semua itu dapat dilakukan dengan ide dan inovasi dari Pj Wali Nagari beserta perangkat Nagari Paritmalintang.

“Pj Wali Nagari yang kini juga menjabat Plt Camat Enamlingkung tentunya karena dipilih karena dipercaya pimpinan memiliki kapasitas dan kualitas. Jadi, bekerjalah dengan baik dan ikhlas untuk kemajuan Enamlingkung dan Paritmalintang,” pesannya.

Dalam kesempatan itu, Suhatri Bur turut berterima kasih kepada Wali Nagari Paritmalintang, Syamsuardi, yang sudah mengakhiri masa jabatannya dengan baik. Menurutnya, dua periode mengabdi di Paritmalintang, sudah banyak perubahan yang dilakukan oleh Syamsuardi.

BACA JUGA:  Pj Wali Nagari Kudugantiang dan Limaupuruik Dilantik

“Sangat banyak suka duka yang dilewati bapak Syamsuardi. Saya sangat tahu itu. Makanya, kita patut apresiasi kinerja beliau selama du periode memimpin,” kata Suhatri Bur.

Tanggapan Tokoh Masyarakat

Pemuka masyarakat Nagari Paritmalintang Abuzamar Dt Rajo Ameh, juga berpendapat bahwa jabatan Wali Nagari Paritmalintang sangat strategis di Padangpariaman. Untuk itu, ia berpesan agar Pj Wali Nagari Paritmalintang bisa menjalankan amanah dengan baik ke depannya.

““Selamat datang kepada Pj Wali Nagari Paritmalintang. Semoga dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ucap Abuzamar Dt Rajo Ameh.

“Kami meminta maaf kepada wali nagari sebelumnya, apabila ada kesalahan selama bergaul menjalankan roda pemerintahan. Baik lisan ataupun karena tindakan,” pungkasnya. (da.)

BACA JUGA:  Suhatri Bur dan Bambang Bayu Suseno, Sahabat yang Seamanah

 

  • Bagikan