Iklan Melayang
Iklan Melayang

Investor Tambak Udang Harus Taat Asas

  • Bagikan
Ketua DPD HNSI Sumbar, Syaharman Zanhar mengingatkan investor tambak udang agar taat asas dan aturan dalam menjalankan usaha. (Foto: Istimewa)
banner 468x60

Padang | Datiak.com – Ketua DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Provinsi Sumatera Barat, Syaharman Zanhar, turut angkat bicara soal penertiban tambak udang di Kabupaten Padangpariaman, Rabu (26/8). Ia menilai, tambak udang memang sangat baik dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Namun, ia mengingatkan agar investor tambak tetap taat asas atau aturan dalam menjalankan usahanya.

Secara ekonomi, menurut Syaharman harga udang kini memang sangat menggiurkan. Udang usia 3 sampai 4 bulan saja, sekarang dibanderol senilai Rp 70 ribu hingga Rp 120 ribu per kilogram. Apalagi untuk ekspor, ia yakin harganya lebih mahal. Jadi, baginya sudah seharusnya keberadaan tambak udang bisa meningkatkan ekonomi bagi warga sekitarnya.

banner 336x280

“Sebagai ketua HNSI, saya senang sekali dengan tumbuh dan berkembangnya usaha tambak udang di daerah ini. Namun, investornya juga harus taat asas, aturan hingga budaya lokal,” hemat Syaharman, Rabu (26/8).

Jangan sampai, imbuhnya, kehadiran investor malah menyulut masalah baru. Terlebih sampai mengusik ketenangan warga sekitar lokasinya berinvestasi. Sebab, salah satu tujuan daerah menarik investor yaitu untuk menyejahterakan masyarakatnya. Baik lahir ataupun bantin.

“Misalnya tambak udang ini, hal paling penting diperhatikan investornya yaitu menyangkut kesejahteraan nelayan setempat. Sebab di sana kawasan pesisir. Jangan malah buat nelayan makin sengsara,” sarannya.

Jadi, ia menyarakan agar aspek sosial, ekonomi dan lingkungan haruslah menjadi perhatian utama dalam mengeluarkan izin usaha. Sehingga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padangpariaman nantinya tidak disomasi oleh lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang lingkungan hidup ataupun sosial. “Hal-hal seperti ini harus diingatkan sejak dini,” katanya.

Untuk itu, Syaharman sangat mengapresiasi apabila Pemkab Padangpariaman melalui tim SK4-nya, bertindak tegas terhadap usaha tambak udang di sepanjang pesisir Padangpariaman. Sehingga, mereka bisa patuh aturan dan dapat menjalankan bisnis dengan baik.

“Saya apresiasi ketegasan sikap Pemkab Padangpariaman dalam menegakkan aturan, dengan merazia usaha tambak udang yang tidak berizin dan diduga melanggar ketentuan,” pungkasnya. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan