Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Inpektorat Padangpariaman Audit Realisasi Dana Desa

  • Bagikan
Inspektur Hendra Aswara (kiri) didampingi Wali Nagari Yasman (kanan) saat melihat kawasan Embung Sungai Abu Tabek Gadang, kemarin (14/12). Hendra mengungkapkan bahwa Inspektorat saat ini sedang melakukan audit realisasi dana desa di Padangpariaman. (Foto: Humas)

Padangpariaman | Datiak.com – Inspektorat Padangpariaman saat ini sedang melakukan audit realisasi dana desa atau nagari yang ada di Padangpariaman. Hal itu diungkapkan Inspektur Padangpariaman, Hendra Aswara, saat meninjau objek wisata Embung Sungai Abu Tabek Gadang, di Nagari Toboh Gadang, Kecamatan Sintuk Toboh Gadang, kemarin (14/12).

Hendra menjelaskan bahwa audit realisasi dana desa atau nagari, sebenarnya rutin dilakukan Inspektorat Padangpariaman setiap tahun. Hal itu untuk memastikan bahwa realisasi dana desa atau nagari akuntabel dan transparan.

“Sesuai arahan pimpinan, Inspektorat untuk membina perangkat nagari dalam pengelolaan dana desa atau nagari,” ungkap mantan Kabag Humas Padangpariaman tersebut.

Untuk itu, imbuhnya, tim Inspektorat Padangpariaman bakal berada di kantor nagari selama audit berlangsung. Jadi, ia berharap kerja sama dari wali hingga perangkat nagari. Salah satunya dengan menyediakan setiap data dan dokumen yang dibutuhkan para auditor nantinya.

Menyangkut pembangunan embung di Nagari Toboh Gadang yang menggunakan dana dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Hendra menilai bahwa embung itu memiliki potensi kawasan bagus untuk wisata keluarga dan bagi kalangan milenial.

“Kita sangat berharap pengelolaan embung ini terus baik dan berinovasi ke depannya, sehingga bisa menjadi objek wisata unggulan dan kebanggaan nantinya,” harap mantan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian Padangpariaman tersebut.

Sedangkan Wali Nagari Toboh Gadang, Yasman yang mendampingi Hendra saat meninjau Embung Sungai Abu Tabek Gadang, mengatakan bahwa embung tersebut dibangun dari bantuan Kemendes PDTT. “Harapan kita embung ini bisa mengangkat potensi desa demi kesejahteraan masyarakat,” ungkap Yasman.

Untuk itu, pihaknya terus melakukan pengembangan embung tersebut. Jika sekarang baru terdapat lapangan bola dan gazebo tempat bersantai, ke depan pihaknya berupaya di sana terdapat sejumlah wahana.

“Kita sudah sediakan lahan untuk pembangunan kolam renang, kolam pancing, polo air, loncat indah. Kami akan terus berusaha meminta dukungan untuk pengembangan embung ini. Tidak saja dari Kementerian Desa, tetapi ke Kementerian Pariwisata dan pemerintah daerah,” pungkas Yasman. (da.)

  • Bagikan