Ini Nomor Telepon Layanan Pencegahan Virus Corona

  • Bagikan
Disenfektan%2BKantor%2BBupati%2BPadangpariaman
SEKDAKAB Padangpariaman, Jonpriadi didampingi Kadinkes Padangpariaman Yutiardi Rivai saat melihat petugas Dinkes melakukan penyemprotan desinfektan di Kantor Bupati Padangpariaman, pagi tadi. (Foto: Suindra)

Padangpariaman – Pemerintah Kabupaten Padangpariaman mengajak masyarakat untuk aktif mengawasi Orang Dalam Pemantauan (ODP). Hal itu penting guna pencegahan covid-19 atau virus corona, sehingga tidak masuk di Padangpariaman.

“Dengan pengawasan bersama, mudah-mudahan kita bisa terhindar dari bahaya covid-19 ini. Jadi kita mengajak alim ulama, ninik mamak, cadiak pandai, hingga pemuda untuk bersinergi untuk mencegah covid-19 masuk di nagari kita,” ujar Sekdakab Padangpariaman, Jonpriadi, di Kantor Bupati Padangpariaman, pagi tadi.

Kendati demikian, ia tidak memungkiri bahwa peran pemerintah paling utama dalam menghadapi pandemi covid-19 itu. Untuk itu, pihaknya menyediakan pelayanan melalui tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Padangpariaman.

“Kita memiliki nomor layanan darurat yang dapat dihubungi masyarakat dengan cepat tanpa dikenai biaya. Yakni kontak ke 112 atau 119,” ujar Jonpriadi yang juga Ketua Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Padangpariaman.
BACA JUGA:

  • Siaga Corona, Orang Dalam Pemantauan Bisa Bertambah
  • Corona Tidak Alasan Libur Belajar
BACA JUGA:  Daftar Sekolah di Payakumbuh yang Diliburkan Sepekan


Jadi, imbuhnya, 112 dan 119 bisa digunakan masyarakat untuk memaksimalkan pengawasan ODP nantinya. Artinya, setiap orang baru yang masuk di nagari ataupun korong, bisa diberitahukan melalui nomor tersebut.


Selain itu, apabila masyarakat mencurigai adanya orang dengan ciri-ciri suspect covid-19, masyarakat bisa langsung menelpon ke nomor tersebut. Nantinya, petugas akan langsung datang untuk melakukan pemeriksaan.

Sedangkan upaya lain yang dilakukan pihaknya untuk mencegah covid-19, yakni dengan penyemprotan desinfektan. “Upaya ini dinilai cukup efektif untuk mencegah penyebaran covid-19. Jadi, kita melakukan penyemprotan di beberapa titik penting di Padangpariaman,” ujar Jonpriadi.

“Untuk kantor bupati baru kita laksanakan (penyemprotan desinfektan, Red) hari ini. Tapi sebelumnya di sini kita sudah lakukan pengecekan suhu tubuh seluruh ASN,” kata Jonpriadi.

BACA JUGA:

Sebelumnya, imbuh Jonpriadi, penyemprotan desinfektan itu telah dilaksanakan pihaknya di beberapa puskesmas serta klinik yang ada di Padangpariaman. Katanya, penyemprotan desinfektan tersebut dilakukan oleh Dinas Kesehatan Padangpariaman, bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padangpariaman.

“Kita berkemungkinan juga melakukan desinfektan ini hingga ke lingkungan masyarakat,” ujarnya.

Namun, sebagai upaya dasar antisipasi covid-19, Jonpriadi mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Yakni dengan melaksanakan pola hidup bersih yang sehat.

“Sekarang kita harus rajin cuci tangan dan memperhatikan apapun yang akan kita konsumsi. Sebenarnya penyebaran virus itu tergantung pola hidupkita juga. Makanya, betul kata Presiden, covid-19 harus cegah bersama-sama,” ujarnya. (da.)

  • Bagikan