Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Ini Kawan, Pencegah KKN di Padangpariaman

  • Bagikan
Inspektur Hendra Aswara (dua dari kanan) dan jajaran saat menerima konsultasi Sekretaris DKP Alfian, di ruang layanan Ini Kawan, di Kantor Inspektorat Padangpariaman, Senin (18/1). (Foto: Istimewa)

Padangpariaman | Datiak.comInspektorat Padangpariaman menyediakan layanan Klinik Konsultasi Pengawasan dan Pengaduan. Layanan yang disingkat “Ini Kawan” tersebut, ditujukan agar tata kelola pemerintahan di Padangpariaman terbebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

“Kita telah menyediakan ruangan khusus di Inspektorat untuk layanan ‘Ini Kawan’. Secara bertahap, kita juga akan bangun sistem informasi manajemen konsultasinya, seperti website. Dengan begitu, penyelesaian masalah lebih mudah,” kata Inspektur Padangpariaman, Hendra Aswara saat menerima konsultasi Sekretaris DKP Alfian, di ruang layanan “Ini Kawan”, kemarin (18/1).

Hendra menjelaskan bahwa layanan INI KAWAN bentuk implementasi APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah). Tugasnya melakukan pembinaan dan pendampingan kepada pengelola keuangan OPD, serta unit kerja kecamatan hingga nagari.

“Dalam menjalankan layanan ‘Ini Kawan’, kita melibatkan seluruh APIP terutama bagi mereka yang telah memiliki kompetensi dan keahlian dalam menganalisa serta mampu menyelesaikan masalah,” ungkap mantan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian tersebut.

“Jumlah APIP kita yang sudah siap melayani OPD, kecamatan hingga nagari untuk berkonsultasi yaitu sebanyak 31 orang,” imbuh mantan kadis Peraih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik di Sumbar itu.

Hendra membenarkan bahwa sasaran yang ingin dicapai dengan terselenggaranya layanan “Ini Kawan”, yaitu terciptanya tata kelola pemerintahan yang bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme. Pasalnya, pembinaan juga berlangsung lebih maksimal.

Menyangkut ruang lingkup layanannya, lanjut Hendra, terkait pengadaan barang dan jasa pemerintah, pengadaan barang dan jasa di desa, penatausahaan keuangan dan aset milik daerah dan desa, tindak lanjut dari hasil pengawasan, serta pengaduan masyarakat ini dalam bentuk tahap konsultasi.

“Alhamdulillah, dalam awal tahun ini layanan ‘Ini Kawan’ sudah dikunjungi banyak OPD kita. Di antaranya BKPSDM, BPKD, Disdikbud, DKP dan beberapa nagari,” pungkas Jebolan STPDN Angkatan XI itu. (da.)

  • Bagikan