Ini Daerah Asal 27 Pasien Positif Corona di Sumbar

  • Bagikan
Ilustrasi penggunaan masker sebagai upaya pencegahan terpapar virus corona.

Padang – Jumlah pasien positif Covid-19 atau virus corona terus bertambah di Sumatera Barat (Sumbar). Data yang dihimpun Datiak.com dari website resmi Sumbar Tanggap Corona, jumlah pasien positif virus mematikan itu tercatat sebanyak 27 orang.

Dari 27 pasien tersebut, 11 orang dirawat di rumah sakit, 10 orang menjalani isolasi mandiri di rumah, 4 orang dinyatakan sembuh, dan 2 orang pasien meninggal dunia. Lalu, dari mana saja asal ke-27 pasien positif tersebut?

1. Padang

Sebagai ibu kota Provinsi Sumbar, Kota Padang tentunya paling banyak jumlah penduduknya. Tak heran, apabila Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah super tergas dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di kota tersebut.

Namun hal itu tampaknya belum cukup. Peningkatan jumlah pasien positif virus corona terus terjadi di sana. Hingga Kamis (9/4), total pasien yang terkonfirmasi positif virus corona di ”Kota Bengkuang” itu tercatat sebanyak 15 orang.

Sebelumnya, 1 dari 15 orang pasien tersebut dinyatakan meninggal dunia. Beruntung, 2 dari 14 pasien yang tersisa, dinyatakan sudah sembuh atau terbebas dari virus yang pertama kali mewabah di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok tersebut. Semoga saja, 12 pasien positif corona yang kini dirawat bisa menyusulnya.

2. Bukittinggi

Deretan kedua pasien positif corona terbanyak di Sumbar berada di Kota Bukittinggi. Kota dengan ikon Jam Gadang tersebut, pertama kali mengumumkan warganya terjangkit Covid-19 pada Kamis 26 Maret 2020.

Sumbar cukup digegerkan dengan pemberitahuan resmi yang disampaikan langsung Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias saat itu. Pasalnya, pasien dari kota wisata dan perdagangan terkemuka di Sumbar itu, tercatat sebagai pasien positif virus corona pertama di Ranah Minang ini.

Sekarang, jumlah pasien positif corona terdata di sana sebanyak 4 orang. Malangnya, 1 dari 4 pasiennya itu meninggal dunia, Rabu (8/4). Sedangkan 3 pasien lainnya sampai sekarang masih dalam perawatan.

3. Pesisir Selatan

Deretan ketiga jumlah pasien positif Covid-19 terbanyak di Sumbar berada di Pesisir Selatan (Pessel). Mulanya, jumlah pasien yang terkonfirmasi positif virus corona di sana, sama dengan Kota Bukittinggi, yakni sebanyak 4 orang. Beruntung, 1 orang pasiennya sudah dinyatakan sembuh.

4. Padangpariaman

Dari daerah berslogan ”Saiyo Sakato” ini, penetapan pasien positif Covid-19 sempat simpang siur. Sebab, informasi tentang pasien positif corona di sana yang disampaikan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, bertolak belakang dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Padangpariaman.

Namun, hanya berselang sehari, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Padangpariaman menyatakan secara resmi bahwa benar ada warganya yang terjangkit covid-19. Warganya tersebut adalah seorang pelajar. Ia diduga terinfeksi virus corona usai menjalani praktek lapangan di Kota Bukittinggi.

5. Pasaman

Daerah lainnya di Sumbar yang telah memiliki pasien positif Covid-19 yaitu di Pasaman. Warganya yang terjangkit tersebut adalah seorang pria 44 tahun yang pulang dari Malaysia pada Selasa 17 Maret 2020. Hanya saja, Pemerintah Kabupaten Pasaman baru mengetahui kedatangannya setelah seminggu kemudian, yakni pada Selasa 24 Maret 2020.

Saat itu, pria tersebut diawasi secara ketat oleh pihak puskemas di lokasi tinggalnya. Hanya selisih seminggu kemudian, pria itu mengeluhkan kondisinya yang sesak nafas, batuk dan disertai demam. Sehingga, Selasa (31/3) sekitar pukul 11.00 WIB, pihak Puskesmas Simpati merujuknya ke RSUD Lubuk Sikaping.

Namun, hanya sehari dirawat di RSUD Lubuk Sikaping. Rabu (1/4) sekitar pukul 15.00 WIB, ia dirujuk ke RSUD Dr. Achmad Mochtar. Pasalnya, RSUD yang berada di Kota Bukittinggi, telah ditetapkan oleh Pemprov Sumbar sebagai salah satu RSUD penanganan pasien Covid-19.

Ternyata benar, setelah pihak RSUD Dr. Achmad Mochtar mengirim sampelnya untuk diuji swab di Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Minggu (5/4), pria tersebut dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

6. Tanahdatar

Posisi terakhir daerah dengan warga yang terinfeksi virus corona yaitu di Tanahdatar. Sebenarnya, pasien dari daerah berslogan ”Tuah Sepakat Alur dan Patut” ini, masuk ke dalam daftar orang positif corona yang pertama kali dirilis Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar. Beruntung, warganya itu tidak terinfeksi berat. Sehingga, kini ia sudah dinyatakan sembuh.

7. Belum Pasti

Pasien ke-27 yang dinyatakan positif Covid-19 sampai sekarang belum dapat dipastikan kebenaran daerah asalnya. Namun, dari informasi yang dihimpun Datiak.com, pasien tersebut dinyatakan meninggal dunia, Kamis (9/4) pagi. (da.)

  • Bagikan