Ide Brilian Humas Padangpariaman Mendongrak Popularitas Nagari

  • Bagikan
(Dari kiri) Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni, Kadis PUPR Padangpariaman Deni Irawan, Kabag Humas dan Protokoler Padangpariaman, Anton Wira Tanjung, dan Kadiskominfo Padangpariaman, Zahirman. (Foto: Istimewa)

Padangpariaman | Datiak.com – Inovasi Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Padangpariaman sangatlah cemerlang, untuk mendongkrak popularitas nagari di Ranah Saiyo Sakato itu. Yakni dengan melahirkan Rubrik Nagari.

Rubrik itu nantinya bakal menjadi wadah penyaluran segala informasi nagari dengan skala besar. Tidak hanya itu, Rubrik Nagari juga bentuk upaya inovasi Humas dan Protokoler Setdakab Padangpariaman memotivasi nagari.

Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Padangpariaman, Anton Wira Tanjung, mengatakan bahwa Rubrik Nagari itu juga bentuk tindaklanjut pihaknya, atas imbauan Bupati dan Wakil Bupati Padangpariaman. Hal itu sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Jadi, imbuhnya, dalam Rubrik Nagari akan diulas segala potensi dan hal-hal menarik yang dapat mengangkat popularitas nagari di Padangpariaman. Mulai dari seni budayanya, tata kelola administrasi, pariwisata, BUMNag, pembangunan, inovasi, hingga prestasinya di nagari tersebut.

“Intinya, semua kita rangkum dalam Rubrik Nagari ini untuk kita sebarluaskan. Baik dengan cara share ke media sosial, ataupun melalui pemberiatan rekan-rekan pers,” ujar Anton, Jumat (19/6).

“Perdana, kita sudah membuat tentang sosok Wali Nagari Lareh Nan Panjang Selatan. Beliau memiliki kisah inspiratif, setelah sekian lama berkeliling ke berbagai Negara sebagai nahkoda kapal, akhirnya pulang berbakti ke tanah kelahirannya,” imbuh Anton.

Dengan penyaluran informasi seperti itu, menurutnya dapat memotivasi nagari dalam bekerja. Sehingga, nagari saling berpacu berinovasi, serta semakin menyadari betapa pentingnya keterbukaan informasi publik.

“Sebenarnya yang paling dinati-nantikan masyarakat itu informasi perkembangan nagari. Terlebih sanak-sanak kita yang kini di rantau,” hemat mantan Sekretaris Camat Sungai Limau tersebut.

Layanan Rubrik Nagari

Popularitas Nagari

Dalam menghimpun berbagai informasi dari 103 nagari yang tersebar di 17 kecamatan di Padangpariaman, Anton membentuk berbagai alternatif layanan. Tujuannya agar nagari-nagari di sana lebih mudah dalam menyampaikan informasi kepada pihkanya.

“Pilihan yang kita sediakan itu ada tiga. Pertama, pihak nagari bisa langsung mengantarkan draf berisikan informasi nagarinya ke Bagian Humas dan Protokoler Padangpariaman, di Kantor Bupati Parit Malintang,” ujar Anton.

Cara kedua, katanya lebih sederhana dan cepat, karena pihak nagari cukup mengirimkan informasi via WhatsApp ke nomor: 085272379122, atau ke email: [email protected]

“Kita juga akan melakukan kunjungan langsung ke nagari untuk penghimpunan informasi ini. Jajaran kita di Humas dan Protokoler Padangpariaman, sudah terlatih untuk wawancara nantinya,” pungkas mantan Sekretaris Bawaslu Padangpariaman tersebut. (da.)

 

  • Bagikan