Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

HUT Polairut Ke-71: Ajak Masyarakat Menjaga Pantai dan Laut

  • Bagikan
hut polairut ke-71 polres mentawai 2021
Kapolres Kepulauan Mentawai, AKBP Mu'at, bersama jajarannya dan masyarakat Dusun Jati, Desa Tuapejat, ketika melakukan aksi bersih-bersih pantai di Jati. (Foto: Sabarial/Datiak.com)

Mentawai | Datiak.com – Dalam rangka HUT Polairut ke-71, Kapolres Kepulauan Mentawai dan jajaran menggelar aksi bersih-bersih pantai, di Dusun Jati, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Jumat (12/11/2021). Aksi itu juga menyampaikan pesan edukasi kepada masyarakat.

“Pesan yang paling penting dalam bakti sosial dalam rangka HUT Polairut ke-71 ini, yaitu mengingatkan kepada masyarakat pentingnya menjaga lingkungan,” ujar Kapolres Kepulauan Mentawai, AKBP Mu’at.

Dalam kesempatan itu, AKBP Mu’at pun mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga laut dari beragam ancaman. Misalnya tindakan pembuangan sampah sembarangan, atau penangkapan ikan secara ilegal, seperti meracun dan menggunakan bahan peledak.

“Hal-hal yang dapat merusak ekosistem dan sumber hayati laut kita harus kita cegah. Sehingga, kekayaan laut kita tetap terjaga untuk kesejahteraan masyarakat Mentawai,” hemat kapolres.

Ia menjelaskan, bakti sosial dalam rangka HUT Polairut ke-71 tersebut, digelar secara serentak se-Indonesia. “Aksi bersih-bersih ini wujud kepedulian Polairut terhadap lingkungan masyarakat yang tinggal di pinggiran pantai,” ungkapnya.

Sebab, menurutnya pantai memiliki potensi yang besar dalam mendorong perekonomian masyarakat sekitarnya. Salah satunya ketika pantai menjadi tujuan wisatawan.

“Contohnya saja pantai di Jati ini, menjadi salah satu objek wisata unggulan di Tuapejat ini. Posisinya pun mudah di akses karena berada di pusat Kabupaten Kepulauan Mentawai,” cermat AKBP Mu’at.

Untuk itu, ia kembali mengingatkan masyarakat Mentawai yang tinggal di kawasan pantai, agar meningkatkan kecintaan dan rasa memiliki terhadap lingkungannya. Sebab, mereka pasti akan mendapatkan manfaat positif.

“Jika kita menjaga lingkungan, insya Allah lingkungan itu akan memberi manfaat besar bagi kita. Begitupun ketika kita menjaga laut di Mentawai ini,” tukas kapolres.

Sedangkan Kepala Dusun Jati, Yosrizal, sangat berterima kasih karena Polres Kepulauan Mentawai sudah memilih Dusun Jati sebagai objek kegiatan bakti sosial dalam rangka HUT Polairut ke-71 ini. Menurutnya, aksi bersih-bersih itu sangat dibutuhkan di Jati saat ini.

“Cuaca yang ekstrim yang memicu pasang laut menjadi tinggi, mengakibatkan Pantai Jati bertaburan sampah. Jadi kita sangat berterima kasih dengan aksi bakti sosial Polres Mentawai hari ini (kemarin),” ujarnya.

Biasanya, lanjut Yosrizal, masyarakat di Dusun Jati selalu rutin menggelar gotong-royong untuk membersihkan lingkungan setiap hari Sabtu. “Karena Kapolres dan jajaran melakukan aksi bersih-bersih hari ini, kita tentu ikut bergabung,” tukasnya. (da.)


Baca berita Kabupaten Kepulauan Mentawai hari ini di Datiak.com.

  • Bagikan