Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Hidup Sehat Mencegah Virus Corona

  • Bagikan
Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni saat memimpin Rakor Penanganan Covid-19, di Ruang Rapat Sekdakab Padangpariaman, tadi pagi (17/3). Ia mengajak seluruh stakeholder menyosialisasikan hidup sehat untuk mencegah virus corona. (Foto: Humas)

Padangpariaman | Datiak.com – Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni meminta semua lapisan masyarakat menjalani pola hidup sehat, serta rajin berolahraga. Hal itu guna meningkatkan ketahanan tubuh, sehingga tidak mudah terkontaminasi penyakit. Salah satunya untuk mencegah virus corona atau pandemi Covid-19.

Sekarang, pihaknya telah membentuk gugus tugas pencegahan Covid-19 di Padangpariaman. Gugus tugas itu diketuai Sekdakab Padangpariaman, Jonpriadi, dengan Wakil Kalaksa BPBD, Budi Mulya, dan Kepala Dinas Kesehatan, Yutiardi Rivai.

Kendati begitu, Ali Mukhni tidak ingin antisipasi masuknya virus corona di Padangpariaman, hanya dibebankan kepada gugus tugas tersebut. Pasalnya, seluruh pihaknya hingga masyarakat, dinilai punya andil besar mencegah pandemi itu.

“Kita harus maksimalkan sosialisasi agar masyarakat meningkatkan pola hidup sehat, seperti rutin mencuci tangan usai menyentuh apapun dan raji mengonsumsi buah dan sayur,” ujar Ali Mukhni saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Covid-19, di Ruang Rapat Sekdakab Padangpariaman, tadi pagi (17/3).

BACA JUGA:  Demokrat Usung Tri Suryadi-Taslim di Pilkada Padangpariaman

Selain kebersihan tubuh dan mengonsumsi makanan sehat, menurutnya rutin berolahraga juga baik untuk kesehatan. “Tidak kalah penting, perbanyaklah berdoa dan selalu menjaga wudhu. Kita umat muslim sebenarnya sudah sangat paham tentang hidup bersih ini,” ujar bupati yang pernah mendapat penghargaan peduli pendidikan Islam tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Ali Mukhni turut menekankan agar seluruh pihak mampu saling menjaga, sehingga tidak ada berita bohong atau hoaks terkait virus corona ini. Pasalnya, hoaks yang dibuat orang-orang tidak bertanggung jawab, bisa membuat kegaduhan di masyarakat.

“Kita juga harus menjaga ketenteraman di masyarakat dengan mengantisipasi dan meluruskan segala informasi, sehingga tidak ada hoaks yang meresahkan masyarakat,” pintanya.

BACA JUGA:  Tanggul Limbah Jebol, 600 Nelayan di Pasbar Sengsara

Ali Mukhni optimis, apabila upaya tersebut dilakukan secara bersama-sama, Padangpariaman bisa terlindungi dari ancaman Covid-19 tersebut. “Kita sudah siapkan seluruh kebijakan untuk pencegahan Covid-19 ini,” ungkap Ali Mukhni. 

Rapat tersebut dihadiri seluruh unsur Forkopimda Padangpariaman, staf ahli, asisten, seluruh kepala OPD, serta camat di lingkungan Pemkab Padangpariaman. Usai rapat, seluruh jajaran Ali Mukhni langsung bertindak untuk pembentukan legalitas seluruh kebijakan yang sudah ditetapkan. Salah satunya dengan menerbitkan intruksi atau imbauan Bupati Padangpariaman terkait upaya mencegah virus corona. (da.)

  • Bagikan