Harga Gula Pasir di Padang per 1 Kg, Merangkak Naik

  • Bagikan
harga gula pasir di Padang naik seribu rupiah per kg
Salah seorang pedagang yang sedang menyusun gula pasir di kedainya. Saat ini, harga gula pasir di Pasar Raya Padang naik seribu rupiah per kg. (Foto: Ist)

Padang | Datiak.com – Jelang Ramadhan, harga beragam bahan pangan terus naik. Setelah minyak goreng, cabai, daging sapi, daging ayam, kini harga gula pasir di Padang ikut-ikutan naik. Gula jawa dan kacang tanah juga naik harga.

Reni Junia, pedagang bahan pokok di Pasar Raya Padang mengatakan, kenaikan gula pasir dan kacang tanah sudah terjadi sejak, Sabtu (12/3). Penyebab naiknya harga gula pasir di Padang karena stoknya sedikit. Sehingga pembeliannya pun dibatasi.

Ia mengungkapkan, harga gula pasir di Padang dan kacang tanah, naik karena banyaknya permintaan terhadap dua produk tersebut.

Saat ini, gula pasir dijual Rp 15 ribu dari harga sebelumnya Rp 14 ribu per kilogram (kg). Sedangkan kacang tanah dari Rp 29 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogram.

“Kenaikan 2 komoditi tersebut berangsur-angsur. Dikhawatirkan, gula pasir dan kacang tanah juga akan langka jelang Ramadhan,” ucapnya.

Meski harganya naik, lanjutnya, pembeli gula pasir dan kacang tanah masih tetap ramai.

Sementara itu, Manager Supermarket Robinson, Novi, mengaku bahwa harga gula pasir di supermarket tersebut masih stabil jelang Ramadhan. Namun, memang banyak diserbu oleh pembeli.

“Gula pasir di supermarket masih stabil yakni Rp 13.500. Pembeli memang banyak berbondong-bondong, sehingga stok gula pasir kita menipis. Kalau untuk jelang Ramadhan itu tidak cukup,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Andree Algamar, mengakui bahwa harga gula pasir di Padang memang sedang mengalami kenaikan.

Kenaikan tersebut katanya disebabkan karena tingginya permintaan. Sehingga, harga di pasaran pun menjadi naik karena stok pedagang kian terbatas.

“Untuk mengatasi hal tersebut, kita akan menggelar pasar murah kembali khususnya produk yang benar-benar dibutuhkan jelang Ramadhan ini,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan digelarnya pasar murah dapat menstabilkan harga dan membantu masyarakat mendapatkan sembako murah. (da.)


Baca berita Padang hari ini di Datiak.com.

  • Bagikan