Harga Cabai Merah Turun Rp 10 Ribu Lebih per Kilogramnya

Pedagang Sebut Pasokan mulai Melimpah

  • Bagikan
harga cabai merah di padang turun
Salah seorang pembeli yang sedang memilih cabai. Sekarang, harga cabai mengalami penurunan yang signifikan. (Foto: Dok. Datiak.com)

Padang | Datiak.com – Mendekati Ramadhan, pasokan cabai merah mulai melimpah. Sehingga, harga cabai merah di pasaran berangsur turun, setelah melonjak naik beberapa waktu lalu. Di Pasar Raya Padang, konsumen pun menyerbu penjual cabai.

Turunnya harga tentu memberi kebahagiaan tersendiri bagi para pedagang cabai. Hal ini seperti diungkapkan Hendranto (37 tahun), salah seorang pedagang kebutuhan dapur di Pasar Raya Padang, Senin (28/3).

“Harga cabai merah keriting, cabai merah curup dan cabai merah jawa. Kemudian, harga cabai setan pun saat ini jauh turun dari sebelumnya,” tuturnya.

Harga cabai merah keriting dan cabai merah curup sebelumnya dijual Rp 40-44 ribu per kilogram, sekarang menjadi Rp 28-30 ribu per kilogram.

Sehari sebelumnya harga cabai merah keriting dan merah curup sempat turun sampai di harga Rp 26 ribu per kilogram, kemarin (28/3) menjadi Rp 28-30 ribu per kilogram.

Sementara harga cabai setan saat ini berada di angka Rp 35 ribu per kilogram, dibandingkan sebelumnya berada di angka Rp 55-60 ribu per kilogram.

Meskipun harga cabai turun, tapi untuk transaksi jual beli tidak meningkat drastis. “Untuk penjualan kita sekarang normal, tidak ramai tapi juga tidak sepi, ya lumayanlah, setidaknya pemasukan tetap ada,” ungkapnya.

Senada, Rahmad Hidayat (40 tahun), pedagang cabai lainnya di Pasar Raya Padang, menjelaskan bahwa turunnya harga cabai disebabkan oleh mulai banyaknya pasokan cabai merah di pasaran saat ini.

Sementara untuk penjualan, ia mengatakan mulai banyak pembeli dibandingkan sebelumnya. “Alhamdulillah mulai ramai dari biasanya. Ini saja dari pagi sudah banyak yang beli kisaran 35 kilo lebih cabai yang terjual,” ucapnya.

Untuk harga cabai merah keriting dan merah curup Rahmad menjual lebih murah dibandingkan pedagang lain.

“Harga cabai merah keriting dan merah curup dijual Rp 28 ribu per kilogram, cabai setan Rp 35 ribu per kilogram,” tuturnya.

Rahmad menambahkan, turunnya harga cabai setan saat ini disebabkan stok yang mulai melimpah di Sumbar. Begitu juga dengan stok cabai merah baik cabai merah keriting maupun cabai merah curup. (da.)


Baca berita Padang hari ini di Datiak.com.

  • Bagikan