Iklan Melayang
Iklan Melayang

Guru di Payakumbuh yang Takut Dites, Sertifikasinya Bisa Terpengaruh

  • Bagikan
Para guru di Payakumbuh beramai-ramai mengikuti rapid test. Namun, masih banyak yang takut untuk datang menjalani tes tersebut. (Foto: Istimewa)
banner 468x60

Payakumbuh | Datiak.com – Rencana rapid test untuk 3.600 guru di Payakumbuh, ternyata belum dapat diterima oleh seluruh guru. Banyak guru-guru yang takut menjalani rapid test antibodi ataupun tes swab, sebelum melanjutkan kembali proses belajar tatap muka di sekolah yang sudah dimulai di Payakumbuh sejak awal Januari ini.

“Iya, memang masih ada guru yang tak mau rapid test atau tes swab. Padahal, kalau tidak ikut rapid test, tentu kita tidak bisa tahu bagaimana kondisi kesehatan guru sebelum memberi pelajaran tatap muka di sekolah. Karena itu, harapan kita seluruh guru dapat ikut tes swab,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Payakumbuh AH Agustion.

banner 336x280

Hal serupa ditegaskan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Payakumbuh Azwardi. Menurutnya, Dinas Pendikan akan tegas memberikan sanksi sesuai aturan yang ada, terhadap guru atau tenaga pendidik yang tidak mau ikut dengan aturan atau protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

“Apabila ada guru yang tidak mau di-rapid test, maka tidak boleh masuk ke sekolah untuk mengajar, dan dianggap tidak hadir dalam absen. Ini akan mempengaruhi tunjangan pendidikan dan sertifikasinya,” tegas Azwardi dalam siaran pers yang dirilis Diskominfo Payakumbuh.

Apabila ditemukan melanggar prokes (protokol kesehatan, Red), maka kita beri teguran kepada sekolahnya,” imbuh Azwardi yang tertulis dalam pers rilis tersebut.

Selain berharap seluruh guru dapat mengikuti test swab, Dinas Pendidikan Payakumbuh juga meminta peran dari orang tua atau masyarakat terhadap anak-anak mereka yang sudah mengikuti proses belajar tatap muka di sekolah.

“Karena penyebaran Covid-19 ini belum sampai ke anak-anak, kita minta anak-anak di luar rumah atau sekolah, diawasi ketat oleh orang tua,” ujar Agustion. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan