Guru di Nagari Terisolir Dapat Tunjangan Khusus Kemendes

  • Bagikan
Guru di nagari terisolir di Solsel mendapatkan tunjangan khusus. Salah satunya para guru SDN 04 Tanah Galo.
Foto: FB Pedi Nasrul

Solok Selatan | Datiak.com – Guru di nagari terisolir di Solok Selatan (Solsel) kembali mendapatkan tunjangan khusus. Yakni di Nagari Lubuk Ulang Aling, Lubuk Ulang Aling Selatan, dan Lubuk Ulang Aling Tengah, Kecamatan Sangir Batang Hari.

Di sana terdapat 16 unit sekolah, mulai dari SDN, SMPN dan SMA negeri. Kali ini, para guru di nagari terisolir itu, mendapatkan tunjangan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

“Terakhir kali tunjangan khusus ini didapatkan guru di tiga nagari tersebut tahun 2019. Nah di tahun 2021 ini kembali dikucurkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kemendes PDTT,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Solsel, Novrizon, Rabu (7/4).

BACA JUGA:  Tri Suryadi-Taslim Bulat Duet di Pilkada Padangpariaman

Tunjangan khusus guru tersebut, lanjutnya, berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2020 dari Kemendes PDTT. Ketiga nagari itu masuk dalam kategori Desa Sangat Tertinggal (DST). Sebab, akses menuju nagarinya sangatlah sulit. Apalagi saat musim hujan, harus menggunakan mobil doble garden atau motor trail.

“Ketika musim hujan, penduduk di tiga nagari tersebut hendak ke Padangaro, pusat Kabupaten Solsel, mereka lebih memilih melalui jalur lintas Dharmasraya. Sehingga, butuh waktu sekitar 10-11 jam menuju Padangaro,” tuturnya.

Mereka bisa menaiki perahu tempel menyerangi Sungai Batang Hari yang sangat luas. Ketika musim hujan tantangan bagi guru dan anak sekolah semakin berat. Bahkan, mereka lebih memilih untuk tidak bersekolah, seperti di SDN Muaro Sangir.

BACA JUGA:  Protes Kebijakan PPDB, Guru Sekolah Swasta Sumbar Unjuk Rasa

“Ini salah satu program 100 hari kerja kepala daerah terpilih, juga bentuk dukungan Perbup tentang Tunjangan Kinerja Guru dan Tenaga Pendidik di Solsel,” bebernya.

Pihaknya, sebut Novrizon, sambil sosialisasi dan dukungan kepsek menyempatkan hadir di SDN 10 Talantam. Salah satu SD di daerah DST itu, kerap diterjang banjir sungai Batang Hari ketika musim hujan. “Kami melakukan monitoring ujian nasional (UN) dan melihat lokasi sekolah Adiwiyata di daerah DST,” ulasnya.

Guru yang mendapatkan tunjangan khusus di SDN 04 Tanah Galo, tambahnya, yaitu SDN 05 Ombak Kubu, SDN 08 Koto Ranah, SDN 12 Pulau Panjang, SDN 13 Batu Gajah, SDN 16 Kampuang Baru, SMPN 24 Solsel, dan SMAN 8 Solsel.

BACA JUGA:  PAD Padangpariaman Bisa Tembus Rp 1 Triliun?

Lalu SDN 10 Talantam, SDN 19 Sungai Penuh, SDN 20 Batu Laubg, SDN 22 Muaro Sangir dan SMPN 31 Solsel. Selain itu, SDN 15 Pulau Karam, SDzb 17 Rantau Limau Kapeh, dan SMPN 18 Solsel. (da.)

  • Bagikan