Gunung Anak Krakatau Naik Status jadi Waspada Tingkat 3

  • Bagikan
Gunung Anak Krakatau saat erupsi
Ilustrasi. Gunung Anak Krakatau saat erupsi. (Foto: Ist)

Serang | Datiak.com – Status tingkat kegiatan Gunung Anak Krakatau (GAK) naik dari Siaga tingkat 2 jadi Waspada Tingkat 3 per ini hari, Minggu (24/4). Naiknya status kegiatan GAK yang ada di Selat Sunda itu dikarenakan oleh terjadi erupsi terus-terusan.

“Hasil pengawasan visual dan instrumental memperlihatkan ada peningkatan kegiatan yang makin berarti dan tingkat kegiatan Gunung Anak Kraktau dinaikkan dari Siaga (Tingkat 2) jadi Waspada (Tingkat 3) terhitung semenjak tanggal 24 April 2022, sekitar 18.00 WIB,” kata Kepala Badan Geologi, Eko Budi Leloni, Minggu.

Eko mengutarakan, kegiatan vulkanik Gunung Anak Krakatau sekarang ini masih juga dalam masa erupsi menerus dengan peralihan erupsi yang sebelumnya menguasai abu. Jadi, type strombolian yang hasilkan lemparan-lontaran lava pijar di tanggal 17 April 2022.

Selanjutnya lemparan lava pijar terjadi kembali ke tanggal 23 April 2022 sekitaran jam 12:19 WIB teramati lava mengucur dan masuk ke laut.

“Hasil perkiraan energi seismik sekarang ini teramati bertambah tajam bertepatan dengan membesarnya amplitudo Tremor menerus dan makin intensnya peristiwa erupsi yang menerus,” tutur Eko.

Berkenaan dengan naiknya status Gunung Anak Krakatau, kata Budi, warga, pengunjung, pelancong, dan pendaki tidak dibolehkan dekati GAK dalam radius 5 km dari kawah aktif.

“Warga di daerah pantai Propinsi Banten dan Lampung berharap tenang dan tidak boleh memercayai desas-desus mengenai erupsi gunung Krakatau yang hendak mengakibatkan tsunami,” tutur Eko.

Eko minta ke warga agar lakukan aktivitas seperti umumnya dengan selalu ikuti instruksi dari BPBD di tempat. (da.)


  • Bagikan