Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Gudang Dinas Pertanian Sumbar tak Berlistrik, Kok Terbakar?

  • Bagikan

Padang | Datiak.com – Gudang Dinas Pertanian Sumbar yang berada di Jalan Teratai Kompleks Pertanian RT 01 RW 02 Kelurahan Flamboyan Baru, Kecamatan Padang Barat, habis dilalap hangus dilahap si jago merah, Kamis (5/8/2021).

Akibat kebakaran tersebut, seluruh perlengkapan yang berada di dalam gudang seperti buku, dokumen, surat, peralatan dan perlengkapan lainnya tidak bisa diselamatkan karena api secara cepat langsung menghanguskan seluruh bagian rumah.

Selain dokumen, surat, dan berkas lainnya, barang-barang yang berada di dalam gudang seperti 3 unit sepeda motor dan sejumlah bahan-bahan atau zat untuk pertanian juga tidak luput dari kobaran api.

Proses pemadaman dan pendinginan membutuhkan waktu yang lumayan lama dikarenakan material yang terbakar merupakan bahan yang mudah terbakar sehingga petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) harus memastikan api sudah padam di tumpukan berkas.

Albert (35 tahun), warga sekitar yang menyaksikan kejadian itu, mengatakan bahwa dirinya sedang berada di pos pemuda yang tidak jauh dari lokasi Gudang Dinas Pertanian Sumbar. Tiba-tiba, ia melihat kobaran api disertai asap hitam membumbung tinggi dari arah gudang.

“Melihat itu, saya langsung berlari ke sumber api dan ternyata yang terbakar adalah gudang Dinas Pertanian Sumbar. Gudang itu sendiri isinya seperti perlengkapan dan buku atau dokumen,” jelasnya.

Sepengetahuannya selama ini, gudang itu sudah tidak dihuni atau dipakai. Keberadaannya, hanya dijadikan sebagai tempat penyimpanan. Namun, gudang tersebut tidak kosong dan ada beberapa peralatan atau barang di dalamnya.

Pemadaman dan Penyelidikan Terbakarnya Gudang Dinas Pertanian Sumbar

Terpisah, Kepala Dinas Damkar Kota Padang, Dedi Henidal mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat tentang adanya kebakaran sekitar pukul 15.05 WIB. Setelah mendapatkan laporan, pihaknya langsung menerjunkan sebanyak 6 unit armada Damkar untuk langsung memadamkan api.

Jadi yang terbakar itu satu unit gudang yang memiliki 4 ruangan. Seluruh ruangan terbakar. Di dalam gudang sendiri banyak kertas dokumen dan 3 unit sepeda motor yang hangus terbakar,” kata Dedi.

Selain itu, di dalam gudang itu sendiri terdapat beberapa cairan atau zat yang dipergunakan dalam dunia pertanian yakni cairan pestisida, fungisida, dan beberapa cairan kimia lainnya sehingga petugas harus berhati-hati dalam proses pemadaman.

“Dalam proses pemadaman dan pendinginan, kami sedikit kesulitan karena material yang berada di dalam gudang merupakan bahan-bahan mudah terbakar,” ungkapnya.

Beruntung dalam peristiwa kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka. Sementara untuk penyebab dan kerugian materil yang disebabkan oleh kebakaran, pihaknya menyerahkan kepada petugas kepolisian.

Sementara itu, Kanit SPKT Polresta Padang, Ipda Dwi Sujatmiko mengatakan, untuk penyebab kebakaran yang menghanguskan Gudang Dinas Pertanian Sumbar dan kerugian materil, pihaknya masih melakukan penyelidikan.

“Kami langsung melakukan penyelidikan setelah proses pendinginan selesai. Jadi, gudang ini sudah tidak teraliri listrik lagi. Sehingga, kami akan lakukan penyelidikan lebih lanjut,” tukasnya. (da.)


Temukan berita Padang hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan