Giliran Pedagang dan Pengunjung Pasar Padang Diintai Sanksi

  • Bagikan
Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Andree Algamar. (Foto: Istimewa)

Padang – Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Padang terus melakukan pengawasan terhadap pedagang dan pengunjung pasar-pasar di Kota Padang. Yakni dengan mendirikan posko cek poin, di pintu masuk masing-masing pasar.

Kepala Disdag Kota Padang Andree Algamar mengatakan, pihaknya juga sudah menyediakan tempat cuci tangan atau wastafel di setiap pasar. Jadi, setiap pengunjung pasar akan diminta mencuci tangan saat masuk dan keluar pasar nantinya.

“Sekitar 27 wastafel yang sudah kami pasang di pasar-pasar satelit. Di Pasar Raya Padang, kami tambah lagi dua unit wastafel,” ungkapnya.

Apabila ada pengunjung yang tidak memakai masker, petugas akan menegur dan memintanya pulang mengambil masker, atau membeli masker terlebih dahulu.

“Jika sudah ada masker (pengunjung), baru diperbolehkan masuk ke pasar, begitu juga para pedagang, wajib pakai masker,” tegasnya.

Dalam waktu dekat, imbuh Andree, bagi pelanggar protokol kesehatan bakal disanksi sesuai Perwako Nomor 49 Tahun 2020. Sanksinya bisa berupa kerja sosial, seperti membersihkan fasilitas umum yang ada di kawasan pasar di Kota Padang.

Dengan adanya sanksi itu, ia berharap masyarakat lebih disiplin dan mematuhi aturan sesuai dengan Perwako Nomor 49 Tahun 2020.

“Aturan-aturan yang dikeluarkan ini untuk memutus rantai penularan Covid-19 di kawasan pasar, sehingga aktivitas perekonomian bisa kembali pulih,” ujarnya. (da.)

  • Bagikan