Minggu, 25 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Gereja Katolik St Yohanes Pembastis Diresmikan

Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet memberikan sambutan jelang peresmian Gereja Katolik St Yohanes Pembastis di Desa Madobag. (Foto: Pemkab Mentawai)
248 pembaca

Mentawai | Datiak.com – Gereja Katolik St Yohanes Pembastis di Desa Madobag, Kecamatan Siberut Selatan diresemikan langsung oleh Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet, akhir pekan kemarin. Peresmian gereja Katolik pertama di wilayah tersebut, diikuti dengan penyiraman air suci yang dipimpin langsung oleh Pastor Paroki Siberut Selatan, Samuel.

Yudas dalam sambutannya yang juga didampingi Ketua DPRD Yosep Sarogdok mengaku, bangga atas capaian tersebut. Dimana, selama ini jemaat gereja Katolik di Madobag untuk beribadah harus menempuh perjalanan sejauh dua kilometer dengan jalan kaki.

“Puji Tuhan. Sekarang, kita sudah memiliki gereja untuk beribadah. Pembangunannnya juga sesuai seperti yang diharapkan. Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan gereja ini,” ungkapnya.

Gereja Katolik St Yohanes Pembastis yang berkapasitas dalam kondisi normal sekitar 150 jemaat ini, juga diharapkan Bupati dapat dirawat dan dijaga dengan baik. Ke depan, kata dia, segala hal, seperti sarana yang masih minim, akan diupayakan untuk dilengkapi.

Senada dengan Bupati Yudas, ketua DPRD Kepulauan Mentawai, Yosep Sarokdok dalam sambutannya mengakui masih banyak fasilitas Gereja Katolik St Yohanes Pembastis yang belum lengkap. Untuk itu, pihaknya juga berjanji untuk membantu kelengkapan sarana gereja seperti lonceng dan speker.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat, terutama jemaat gereja yang telah membantu, baik secara tenaga maupun pikiran, sehingga pembangunan gereja bisa diselesaikan. Sekarang, fasilitas lonceng dan speker akan kita fasilitasi untuk ketersediaanya di Gereja Katolik St. Yohanes Pembastis ini,” katanya.

Gereja Katolik St Yohanes Pembastis Dibangun dengan Kekompakan

Sementara itu, Pastor Samuel  menyampaikan bahwa, sudah sepatut umat bersyukur kepada Tuhan atas keberhasilannya membangun Gereja Katolik St Yohanes Pembastis bersama-sama dan bahu-membahu di Desa Madobag. Dia mengharapkanz agar gereja yang sudah dibangun bisa dijaga serta digunakan sebaik mungkin sesuai fungsinya.

“Mari kita bersukur kepada Tuhan dengan terus menguatkan iman untuk mewujukan masyarakat yang berbudi dan beriman. Oleh karena itu, kita wajib menjaga dan merawat Gereja Katolik St Yohanes Pembastis ini, agar kita dapat beribadah dengan baik untuk memperkuat iman dan mencintai Tuhan,” pungkasnya. (da.)


Temukan berita Mentawai hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

Avatar photo