Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Genius Umar: Guru Harus Kreatif Sampaikan Materi

  • Bagikan
Wako Pariaman Genius Umar saat mengunjungi SDN 07 Batangkabung, Pariaman dan SD N 11 Kotamarapak Pariaman. Di sana ia memotivasi peserta didik dan mengingatkan guru harus kreatif dalam mengajar. (Foto: Instagram Disdikpora Pariaman)

Pariaman | Datiak.comWali Kota Pariaman Genius Umar memotivasi murid SD agar percaya diri dalam menyampaikan pendapat dan menjawab pertanyaan guru. Untuk itu, ia meminta guru harus kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran.

”Jadi murid dan siswa mesti berani untuk menyampaikan pendapat atau menjawab soal-soal yang disampaikan oleh gurunya. Guru harus kreatif sehingga proses belajar mengajar bisa menarik siswa dan interaktif,” ujar Genius saat mengunjungi SDN 07 Batangkabung, Pariaman dan SD N 11 Kotamarapak Pariaman.

Dengan proses belajar yang menarik, menurutnya bisa membuat para siswa meningkatkan kepercayaan dirinya, menjadi kreatif dan berani tampil di depan. Wali Kota yang juga berprofesi sebagai dosen S-2 dan S-3 di UNP ini, juga ikut menjelaskan materi yang diajarkan oleh guru yang mengajar di kelas pada dua sekolah tersebut.

BACA JUGA:  Personel Polsek Sipora Kawal Ketat Vaksin Covid-19

Dengan cara belajar yang menarik dan interaktif, maka pembelajaran akan cepat ditangkap oleh murid, dan selalu teringat oleh mereka. Karena itu, ia meminta para guru harus bisa membuat pembelajaran yang menarik agar cepat diserap oleh siswa- siswi nantinya.

Ia juga mengingatkan para siswa, agar tetap memakai masker selama belajar di sekolah, dan mencuci tangan pakai sabun sebelum masuk ke kelas, dan terus belajar. ”Jangan bermalas-malasan, agar anak-anak nantinya dapat melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, untuk mencapai cita-cita yang ananda inginkan,” ujarnya.

Program Pemko Pariaman

Pemko Pariaman, sebut Genius, telah meluncurkan program-program yang bersentuhan langsung dengan program pendidikan. Mulai dari Kartu Pariaman Pintar yaitu beasiswa bagi keluarga kurang mampu kemudian satu keluarga satu sarjana.

BACA JUGA:  Pahami Hak Pejalan Kaki yang Dilindungi Undang-Undang

Bantuan keuangan khusus untuk pelajar SMA/SMK sederajat sehingga tercapai pendidikan gratis 12 tahun di Kota Pariaman. Genius Umar bersama dengan Disdikpora (Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga) Kota Pariaman mendatangi beberapa sekolah sambil bersepeda bersama, melalui program Disdikpora gowes ke sekolah (Dikgowes).

Kegiatan Dikgowes ini, selain untuk memantau kegiatan proses belajar mengajar mulai dari TK, SD dan SMP di Kota Pariaman, juga sambil berolahraga dengan bersepeda, sekaligus melihat keadaan sarana dan pra sarana sekolah, dan apakah sudah menerapkan protokol kesehatan di sekolah. (da.)

  • Bagikan