Iklan Melayang
Iklan Melayang

Geliatkan UMKM, Pemko Sawahlunto Buat Toko Online

  • Bagikan
Wako, Wawako, dan Ketua DPRD Sawahlunto peluncuran aplikasi toko online atau marketplace kakodai.com. (Foto: Humas)
banner 468x60

Sawahlunto | Datiak.comUsaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Sawahlunto akan berbangga hati. Sebab, mereka sudah bisa menjual produk melalui marketplace yang dinamai kakodai.com. Toko online tersebut sudah diluncurkan sejak 1 Juli 2020.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menilai bahwa peluncuran marketplace kakodai.com, sangat dinanti-nantikan di masa pandemi Covid-19 ini. Pasalnya, masyarakat akan lebih mudah berbelajar secara online.

banner 336x280

“Ini peluang besar bagi UMKM kita agar tidak stagnan dan lebih bergairah. Sebab, boleh dikatakan UMKM sekarang tampak tidak bergerak karena dampak pandemi Covid-19 ini,” hemat Deri Asta.

Kata Deri, peluncuran toko online kakodai.com turut mendapat apresiasi para perantau Sawahlunto. Terlebih yang hadir saat peluncuran, seperti perantau dari Jakarta, Medan, dan Padang.

“Perantau kita yang hadir saat peluncuran yaitu bapak Zulkarnaini Oeyoeb, Taufik Syamsir, Irwan Husein, Jasyanto Sahur, Idris, bahkan Ketua Dekranasda Sumbar, Ny. Nevi Zuarina Irwan Prajitno,” ujarnya.

Sekarang, imbuhnya, sudah 11 UMKM di Sawahlunto yang bergabung dalam marketplace tersebut. Dia memperkirakan masih akan bertambah 40 UMKM nantinya. “Marketplace ini sangat disambut antusias pelaku UMKM kita,” ucapnya.

Deri turut mengungkapkan bahwa ide membangun pasar online itu datang dari istri Wakil Wali Kota Sawahlunto, Neldaswenti Zohirin, yang bermusyawarah dengan anak-anak ahli IT di Sawahlunto.

“Kami sangat apresiasi dan berterima kasih atas gagasan cemerlang dari ibu Neldaswenti Zohirin yang bisa melahirkan kakodai.com,” pungkas Deri yang didampingi Wawako Sawahlunto, Zohirin Sayuti. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan