Iklan Melayang
Iklan Melayang

Gedung Diklat di Desa Saureinu Dibenahi

  • Bagikan
Gedung Diklat di Desa Saureinu
Sekdakab Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan saat menjelaskan soal renovasi Gedung Diklat di Desa Saureinu. (Foto: Sabarial/Datiak.com)
banner 468x60

Mentawai | Datiak.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Mentawai memastikan bakal memprioritaskan sejumlah pembangunan fasilitas pendidikan di tahun 2021 ini. Salah satunya gedung diklat di Desa Saureinu, Kecamatan Sipora Selatan.

Seperti diketahui, gedung pendidikan dan pelatihan (diklat) sekarang terbilang dalam kondisi terbengkalai. Kondisi itupun disikapi Pemkab Kepulauan Mentawai dengan melakukan renovasi di tahun ini. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan.

banner 336x280

“Ya, kita memang prioritaskan fasilitas ini (gedung pendidikan dan pelatihan di Saureinu, Red). Targetnya pembenahan atau renovasi ini rampung tahun depan,” ungkap Martinus ketika diwawancarai awak media, kemarin.

Ia menjelaskan, tidak saja membenahi gedung tersebut, Pemkab Kepulauan Mentawai juga akan memperbaiki sejumlah fasilitasnya. Di antaranya jaringan internet dan akses jalan di sana. “Kita juga sudah memproyeksikan penambahan gedung diklat di Desa Saureinu tersebut, sehingga lebih memadai ke depannya,” paparnya.

Martinus menceritakan mula dibangunnya gedung pendidikan dan pelatihan itu tahun 2014 silam. Lalu menyangkut penyebab gedung tersebut tidak dipergunakan setelah selesai dikerjakan. “Kondisi ini tentu tidak baik jika dibiarkan berlarut. Makanya, Pemkab Kepulauan Mentawai merenovasinya agar bisa digunakan lagi,” ucapnya.

Renovasi gedung pendidikan dan pelatihan serta sejumlah fasilitas pendukungnya, lanjut Martinus, diperkirakan menyerap dana sekitar Rp 5-7 miliar. Menyangkut pendanaan itu, katanya masih dalam tahap pembahasan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di Pemkab Kepulauan Mentawai.

“Nanti kita akan sampaikan informasi soal kepasatian anggarannya ya. Soalnya kita masih membicarakannya dengan OPD terkait,” ungkap Martinus.

Menambahkan, Kepala Badan Kepegawaian dan pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kepulauan Mentawai, Sermon, menjelaskan bahwa pihaknya yang akan mengelola kegiatan renovasi gedung diklat di Desa Saureinu tersebut.

“Kita sudah keluarkan surat keputusan (SK) tenaga kontrak yang akan bertugas di sana. Jumlahnya sebanyak 4 orang petugas,” ungkap Sermon.

“SK ke-4 petugas itu sudah kita serahkan pada Senin (24/5). Nantinya, mereka akan bertugas untuk menjaga dan merawat gedung tersebut, sehingga tetap dalam kondisi baik,” tukas Sermon. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan