Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

EGM BIM Gagas Objek Wisata Katapiang EcoPark, Ini Rancangannya

  • Bagikan
Rancangan gerbang objek wisata Katapiang EcoPark. (Foto: Istimewa)

Padangpariaman | Datiak.com – Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Cabang Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Yos Suwagiyono, mengungkapkan keinginan pihaknya untuk mengembangkan kawasan wisata Katapiang EcoPark, di Nagari Katapiang, Kecamatan Batanganai. Nantinya, Yos dan jajarannya berusaha menggandeng sejumlah BUMN terlibat dalam program pariwisata itu.

”Saya ingin CSR BIM itu bermanfaat, khususnya di wilayah sekitar BIM. Terlebih untuk peningkatan kualitas SDM dan membuka peluang kerja,” ujar Yos usai diskusi dengan Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni, Jumat (10/7) sore.

Konsep Wisata

Ia terinspirasi mengembangkan pariwisata di Katapiang. Hasil sementara perumusannya, objek wisata tersebut dinamai Katapiang EcoPark, yang bakal dibangun di lahan sekitar 2 hektare. ”Konsep yang kami buat sekarang, masih pandai-pandai kami saja. Nanti yang pastinya tentu hasil kajian kita bersama bupati dan OPD terkait,” ujar Yos.

rancangan kawasan hidroponik katapiang ecopark
Kawasan hidroponik yang akan dibangun di objek wisata Katapiang EcoPark. (Foto: Istimewa)

Yos mengatakan, pembangunan kawasan wisata itu tidak hanya akan dilakukan PT AP II Cabang BIM menggunakan CSR-nya, tetapi turut menggandeng BUMN lain nantinya.

Soalnya, imbuh Yos, Katapiang EcoPark memiliki konsep yang sangat menarik. Di sana akan ada area bermain anak, waterpark, pusat oleh-oleh, kawasan hidroponik, kolam pemancingan, arena memanah, arena ATV, dan restoran atau rumah makan.

”Itu kan banyak jenis areanya. Ini yang kami tawarkan ke teman-teman BUMN. Mau bangun yang mana, boleh nanti dibuat merek perusahaannya di sana,” ujar Yos tersenyum.

denah katapiang ecopark
Denah objek wisata Katapiang EcoPark yang dirancang EGM PT AP II Cabang BIM, Yos Suwagiyono bersama jajarannya. (Foto: Istimewa)

Selain menggaet BUMN lain, Yos juga akan merangkul Asita Sumbar. Nantinya, organisasi para pegiat usaha pariwisata itu dimintai pendapatnya untuk membuatkan paket wisata yang dimulai dari BIM, Katapiang EcoPark hingga objek lain di Sumbar.

”Di BIM kita juga sediakan stan dan ruang untuk pembuatan panggung pakaian adat. Jadi pengunjung bisa foto-foto di sana nanti. Pengelolaannya kami serahkan ke Dinas Pariwisata Padangpariman,” ujar Yos.

peta katapiang ecopark
Tata letak objek wisata Katapiang EcoPark yang dirancang EGM PT AP II Cabang BIM, Yos Suwagiyono bersama jajarannya. (Foto: Istimewa)

Yos mengungkapkan kenapa dirinya sangat semangat lakukan itu, lantaran yakin pariwisata sangat menunjang segala sektor ekonomi di masyarakat. Begitupun usaha transportasi udara. Artinya, apabila wisata Sumbar banyak pengunjung dari luar, otomatis PT AP II Cabang BIM ikut diuntungkan.

”Pertama, saya memang ingin berbuat di setiap daerah tempat saya kerja. Kedua, prinsipnya begini, apabila kita ingin untuk, kita harus berinovasi dulu. Tidak hanya menunggu,” pungkas Yos mendapat tepuk kagum Ali Mukhni dan jajaran.

Kesempurnaan Wisata Bahari
EGM PT AP II Cabang BIM, Yos Suwagiyono menjelaskan konsep Katapiang EcoPark kepada Ali Mukhni dan jajarannya. (Foto: Datiak.com)
EGM PT AP II Cabang BIM, Yos Suwagiyono menjelaskan konsep Katapiang EcoPark kepada Ali Mukhni dan jajarannya. (Foto: Datiak.com)

Menurut Ali Mukhni, gagasan AP II Cabang BIM yang kini dipimpin Yos, sangatlah cemerlang. Sebab sudah pasti akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Wawasan masyarakat sekitar tentang pariwisata sudah pasti akan semakin baik juga nantinya,” hemat Ali Mukhni.

Selain itu, Ali Mukhni menilai lokasi yang dipilih untuk Katapiang EcoPark sangatlah tepat. Sebab, pihaknya juga akan mengembangkan pariwisata mulai dari batas Padangpariaman-Padang, Katapiang, Tapakih, Ulakan, hingga batas Padangpariaman-Pariaman.

Dengan adanya Katapiang EcoPark, Ali Mukhni optimis konsep yang sudah dijalankan pihaknya semakin sempurna. Sebab banyak BUMN yang bakal terlibat nantinya. (da.)

  • Bagikan