Edukasi Pelajar Gemar Makan Ikan

  • Bagikan
Sekretaris Dinas Perikanan Padangpariaman, Alfian saat menjelaskan kepada Ali Mukhni tentang kunjungan murid SD ke BBI di Dinas Perikanan Padangpariaman. (Foto: Datiak.com)

Padangpariaman – Ikan sangat banyak manfaatnya jika rutin dikonsumsi manusia. Baik untuk kesehatan fisik ataupun psikis. Pemahaman inilah yang ditanamkan Dinas Perikanan Kabupaten Padangpariaman, ketika para murid dari sejumlah Sekolah Dasar (SD) di sana, berkunjung ke Balai Budidaya Ikan (BBI) di Dinas Perikanan tersebut, kemarin.

Di BBI itu, murid SD itu diperkenalkan manfaat ikan secara lengkap. Baik untuk kesehatan jasmani ataupun rohaninya. Mereka juga diedukasi tentang budidaya ikan. Mulai dari pembibitan, perawatan, hingga proses panen ikan budidaya tersebut.

Tidak hanya itu, materi hingga praktek tentang pembuatan ragam olahan makanan berbahan ikan turut di ajarkannya. Di antaranya membuat bakso, nugget, dan sosis ikan. Setelah itu, mereka bersama-sama mengonsumsinya di akhir kegiatan.

BACA JUGA:  Memajukan Bidang Olahraga, Ali Mukhni Bermodal Cinta

“Kalau tahun lalu, petugas kita mengunjungi TK-TK di Padangpariaman untuk memberikan sosialisasi kepada anak-anak manfaat memakan ikan. Namun mulai tahun ini anak-anak TK ataupun SD kita ajak langsung mengunjungi BBI,” ujar Sekretaris Dinas Perikanan Padangpariaman, Alfian.

Dengan mengajak para pelajar ke sana, pihaknya bisa mengedukasi lebih lengkap. Sebab, di sana anak tidak hanya memahami secara teori, tetapi turut praktek budidaya ikan yang baik. Jadi, harapannya mereka benar-benar mencintai dan gemar mengonsumsi ikan setelah kunjungan itu.

“Semua dipraktekkan dengan dipandu petugas kita. Mulai dari pembibitan, perawatan, hingga proses panen. Jadi anak-anak bisa langsung memahaminya,” hematnya.

Begitupun membuat olahan makanan berbahan ikan, pihaknya membentuk inovasi tersebut, agar anak-anak terus berminat mengonsumsi ikan. Sebab, olahan ikan yang sering dilakukan ibu rumah tangga, seperti digoreng atau digulai, kerap membuat anak-anak bosan.

BACA JUGA:  Saking Akrab, Anak Panti Asuhan Anggap Ali Mukhni Ayah

“Anak-anak itu kan paling suka makanan berbentuk bakso, sosis, dan nagget. Makanya kita buatkan itu di sini, sebagai contoh untuk mereka bawa pulang,” kata Alfian didampingi KTU TPI Ulakan, Riswandi.

Bahkan, imbuh Alfian, pihaknya turut membagikan selebaran atau brosur yang berisikan resep hingga cara membuat olahan makanan berbahan ikan itu. Jadi, apabila anak-anak itu hendak memakan itu di rumahnya, orangtua mereka sudah bisa membuatkan.

“Semoga dengan begini konsumsi ikan kita terus meningkat, sehingga generasi kita tumbuh sehat dan cerdas sebagaimana visi dan misi Pemkab Padangpariaman yang kini dipimpin bapak Ali Mukhni dan Suhatri Bur,” harapnya. (da.)

  • Bagikan