Kamis, 22 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Dugaan Penyelewengan Dana Bansos, Kejari Padang: Uangnya sudah Dikembalikan

Kasi Intel Kejari Padang, Alfiandi. (Foto: Ist)
204 pembaca

Padang | Datiak.com – Kejaksaan Negeri Padang tetap diselidiki terkait dugaan penyelewengan dana bansos (bantuan sosial) oleh oknum Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di Kelurahan Batang Harau, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

Kasus tersebut berawal dari laporan masyarakat dan tim 9 Kelurahan Batang Arau. Hal itu diungkapkan oleh Kasi Intel Kejari Padang, Alfiandi, Rabu (20/12/2023). Katanya, oknum yang bersangkutan sudah mengembalikan uang yang diduga sempat disalahgunakan itu ke pihak Pos.

“Pihak-pihak terkait sudah menerima kembali dari pihak Pos dana yang seharusnya mereka terima. Kita menerima pelaporan kasus ini dari masyarakat dan tim 9 Kelurahan Batang Arau,” ujarnya pada

Dalam keterangannya, Alfiandi menegaskan bahwa kejaksaan memberikan peringatan kepada para oknum agar lebih berhati-hati dalam penyalahgunaan dana bansos, mengingat dana tersebut sangat berhubungan dengan masyarakat yang membutuhkan.

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan seluruh kelurahan di Kota Padang untuk memberikan peringatan agar dana bansos tidak disalahgunakan. Sehingga, dugaan penyelewengan dana bansos tidak terulang.

Alfiandi menunjukkan kekhawatiran terhadap adanya indikasi kerugian negara dalam kasus tersebut. Ia pun mengatakan bahwa dugaan penyelewengan dana bansos itu bisa diarahkan ke penyelidikan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Sementara itu, pada peristiwa sebelumnya, puluhan warga di Kelurahan Batang Harau mendatangi kantor kelurahan untuk melakukan pengecekan ulang terhadap data penerima bansos.

Dari hasil pengecekan, ditemukan bahwa sejumlah warga yang seharusnya menerima bansos tidak menerimanya, sehingga diduga adanya manipulasi data oleh oknum PSM tersebut. (*)