Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Dugaan Korupsi Dana Covid-19, Polda Sumbar Sudah Periksa Para Saksi

  • Bagikan
Dugaan Korupsi Dana Covid-19
Polda Sumbar sudah melakukan pemeriksaan para saksi terkait dugaan korupsi dana Covid-19 di Sumbar. (Ilustrasi: Tim Datiak.com)

Padang | Datiak.com – Penyelidikan dugaan korupsi dana Covid-19 terus berlanjut. Sebanyak 14 orang saksi yang telah diperiksa oleh Polda Sumbar. Sejumlah dokumen pun sudah diamankan sebagai alat bukti. Kendati demikian, perlu dilakukan telaah dari para ahli atau pakar hukum terlebih dahulu.

Direktur Dirkrimsus Polda Sumbar Kombes Pol Joko Sadono menyebutkan, pihaknya telah memeriksa 14 saksi terkait tahapan-tahapan pemeriksaan. Yakni terkait penanganan kasus dugaan temuan (korupsi) pembelian handsanitizer. “Di sana memang ada temuan, pontesi pemahalan,” ujar Joko.

Ia juga membenarkan bahwa saat pemeriksaan, beberapa dokumen telah diamankan oleh petugas Dirkrimsus Polda Sumbar. Saat ini, pihaknya tengah meminta kepada saksi ahli, serta pendapat dari pakar-pakar hukum menyangkut hasil penyelidikan itu.

BACA JUGA:  Diduga Gegara Rebutan Wanita, Seorang Pelajar MAN 1 Bukittinggi Tewas

“Kita telah meminta bantuan hukum dari BPK, tapi sampai sekarang belum ada jawaban, yang berkaitan dengan apa yang sudah kita kerjakan ini,” ungkap Joko.

Sementara itu Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu menyebutkan, terkait kasus dugaan korupsi dana Covid-19, pihaknya akan segara menggelar perkara. “Setelah semua lengkap maka kita akan gelar perkara dan menentukan apakah memenuhi unsur pidana,” tutur Satake.

Seperti diketahui, sebelumnnya BPK Sumbar menemukan transaksi yang dilakukan secara tunai pada belanja barang dan jasa senilai Rp 49 miliar dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar. (da.)

  • Bagikan