Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

DPMN Latih 40 Pemangku Adat

  • Bagikan
DPMN Sijunjung
Kepala DPMD Sumbar Syafrizal saat memberikan sambutan dalam pelatihan pemangku adat yang digelar DPMN Sijunjung. (Foto: Humas)

Sijunjung
– Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Sijunjung melatih 40 orang pemangku dari Kecamatan Kupitan. Yakni 27 orang dari Nagari Padangsibusuk, 5 dari Batumanjulur, 5 dari Pamuatan, dan 3 orang dari Kampungbaru. Pelatihan itu digelar di Grand Rocky Hotel Bukittinggi sejak kemarin (8/3) hingga Rabu (11/3).

”Peserta diberikan akomodasi penginapan, konsumsi selama penyelenggaraan kegiatan, seminar kit, dan transportasi peserta,” ujar Sekretaris DPMN, Dasrial, seperti dikutip situs resmi Pemkab Sijunjung.

Katanya, nara sumber pelatihan didatangkan dari DPMD Sumbar, DPRD Sijunjung, Tim Konsolidasi Adat Sumbar, Bundo Kanduang Sumbar, dan Pimpinan Organisasi Pemangku Adat.

Sedangkan Kepala DPMD Sumbar, Syafrizal mengatakan, lahirnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, memberikan ruang terhadap kelembagaan adat. 

“Kelembagaan tersebut dalam penyelenggaraan fungsi adat istiadat murni dari susunan asli nagari yang sedang tumbuh dan berkembang,” ujar Syafrizal seperti dikutip situs resmi Pemkab Sijunjung.

Jadi, menurutnya lembaga pemangku adat memang pantas dijadikan mitra oleh Pemkab Sijunjung dalam memberdayakan, melestarikan, dan mengembangkan adat istiadat.

“Kita berharap kepada niniak mamak yang mengikuti pelatihan bisa bersama-sama melakukan pembinaan, bimbingan serta pemahaman kepada masyarakat dan cucu kemenakan yang nantinya menjadi pewaris dalam pelestarian adat dan budaya alam Minangkabau ini,” pungkasnya. (da.)
  • Bagikan