Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Disperindagkop UMKM Mentawai Ungkap Fokus Tahun 2022

Kepala Disperindagkop UMKM Mentawai, Dominikus Saleleubaja, mengungkapkan fokus program dinasnya di tahun 2022 ini. (Foto: Sabarial/Datiak.com)
532 pembaca

Mentawai | Datiak.com – Kepala Disperindagkop UMKM Mentawai, Dominikus Saleleubaja, menjelaskan bahwa tahun 2022 ini dinasnya dokus membimbing, pemantauan dan training para pelaku usaha. Khususnya UMKM.

Sebab, UMKM adalah ujung tombak untuk memberikan dukungan ekonomi. Jadi, UMKM perlu didorong bereksperimen dalam menghasilkan barang dan jasa sesuai keperluan pasar. Sehingga, mereka dapat meningkatkan beragam ide baru di bagian kewiraswastaan.

“Tahun ini kita lebih konsentrasi ke pendayagunaan UMKM yang berada di Kepulauan Mentawai, buat tingkatkan ekonomi warga,” sebut Dominikus ruangannya, Senin (11/4).

Peranan Disperindagkop UMKM Mentawai, sambunya, yaitu memberi pembimbingan usaha, memberikan fasilitas berkaitan masalah izin produk, nomor induk usaha, sertifikat halal dan lain-lain.

“Sekarang ini kita cuma konsentrasi ke peningkatan ekonomi. Bagaimana wisarausaha dapat maju dan berkembang di Mentawai ini,” sebutkan Dominikus.

Jadi, pihaknya kini benar-benar berusaha maksimal memberikan pelayanan untuk pelaku UMKM di Mentawai.

“Jadi kita di Disperindagkop UMKM Mentawai ini tolak ukurnya bukan pembangunan fisik atau infrastruktur, tetapi bagaimana perekonomian tumbuh dengan mendampingi pelaku usaha,” ungkapnya.

Bicara masalah pembangunan fisik, ia memang tidak memungkiri bahwa Disperindagkop UMKM Mentawai juga memerlukannya. Namun, semua kembali ke kemampuan bujet yang ada. Jadi, dengan keadaan saat ini, pihaknya memilih fokus pada perbaikan perekonomian.

“Fokus kita semakin banyak ke perbaikan perekonomian, karena sekarang usaha-usaha ini banyak yang berjibaku pasca dampak wabah Covid-19,” tukasnya. (da.)


Avatar photo