Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Disdukcapil Padangpariaman Buka Layanan “Bulan Madu”

  • Bagikan
Petugas Disdukcapil Padangpariaman ketika melayani program “Bulan Madu” di salah satu nagari di Padangpariaman. (Foto: Humas)

Padangpariaman | Datiak.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariaman membentuk program Sebulan Merekam Data untuk Pemilu. Inovasi program yang disingkat “Bulan Madu” itu, berupaya layanan langsung perekaman data KTP elektronik.

Kadisdukcapil Padangpariaman M. Fadhly mengatakan, program “Bulan Madu” dibentuk dari kerja sama Disdukcapil dan KPU Padangpariaman. Tujuannya untuk melayani para pemilih pemula dan masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik. Harapannya, angka partisipasi pemilih di Padangpariaman meningkat 9 Desember 2020 nanti.

“Setelah ini, tidak ada lagi warga kita yang sudah mempunyai hak pilih, tapi tidak terdaftar sebagai pemilih hanya dengan alasan tidak memiliki KTP elektronik. Pelaksanaan program ini sengaja kita manfaatkan di waktu yang tersisa jelang hari pemilihan,” ujar Fadhly, Kamis (5/11).

BACA JUGA:  Pulang dari Rantau, Yogi Langsung Tinggal di Tengah Sawah

Dalam program “Bulan Madu”, lanjutnya, masing-masing kecamatan disediakan waktu pelayanan selama 2 hari untuk 2 nagari. Sebab, pelayanan perekaman KTP elektronik di nagari, pencetakan KTP-nya langsung bisa dilakukan di kantor camat.

“Artinya, waktu sebulan lebih ini, digunakan tim pelayanan Disdukcapil dengan didampingi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di setiap kecamatan, untuk mengantarkan KTP buat mereka (pemilih pemula dan warga belum memiliki KTP elektronik, Red),” imbuhnya.

Fadhly menjelaskan, inovasi program tersebut juga bertujuan menghindari penumpukan masyarakat yang datang mengurus administrasi kependudukan di kantor Disdukcapil Padangpariaman. “Saat ini kita kan masih dalam suasana pandemi Covid-19. Makanya, pelaksanaan pelayanan tetap harus memperhatikan protokol kesehatan,” ucapnya.

BACA JUGA:  Anak Bupati Solsel Menikah, Saksinya 2 Menteri

Dalam pelayanan itu, katanya tim dari Disdukcapil Padangpariaman juga terus menyosialisasikan kepada masyarakat terkait kemudahan mengurus dokumen kependudukannya. Yakni dengan hanya mengunduh dan menginstal secara gratis aplikasi “Dukcapilceria Mobile” di Play Store. Sedangkan warga yang ingin mengurus menggunakan Personal Computers (PC), bisa mengakses website http://siak.padangpariamankab.go.id:81/androids/.

“Lewat layanan online itu, masyarakat bisa mengurus segala bentuk dokumen kependudukan. Mulai dari Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, KTP, KIA, ataupun Surat Pindah. Selain itu bisa cek jumlah blangko KTP yang tersedia, persyaratan pengurusan masing-masing dokumen kependudukan, serta biodata dalam Kartu Keluarga,” papar Fadhly.

Untuk menjamin kelancaran dan evaluasi setiap pelayanan, pihaknya menyediakan menu Tamasya (Tampek Mangadu Masyarakat) dalam aplikasi “Dukcapilceria Mobile” tersebut. Jadi, segala kendala yang dialami masyarakat ketika berurusan, langsung direspon dan diselesaikan. “Kita juga menyadiakan layanan call center ke nomor: (0751) 93399,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Percepat Pahami Peraturan Kemendagri

Untuk itu, Fadhly berharap dengan segala kemudahan pelayanan yang disediakan, tidak ada lagi masyarakat di Padangpariaman yang tidak lengkap dokumen kependudukannya. Terkhusus KTP elektronik yang banyak manfaatnya. (da.)

  • Bagikan