Dirlantas Sumbar Sentuh Hati Pelanggar Lalulintas Lewat Tausiah

  • Bagikan
Usai memberikan tausiah, ustad Nurul Yaqin mengajak para pelanggar lalulintas berdoa bersama petugas Operasi Patuh Singgalang 2020 di di Jalan M Thamrin. (Foto: Istimewa)

Padang | Datiak.com – Operasi Patuh Singgalang 2020 yang dilaksanakan Ditlantas Polda Sumbar tampil beda. Hal itu terlihat Rabu pagi (29/7) di Jalan M Thamrin, Kota Padang. Para pelanggar ketertiban berlalulintas bukannya ditilang, tetapi mendapatkan tausiah.

Kejadian tersebut tampak di kawasan Alanglawas. beberapa pengendaran yang tidak memiliki kelengkapan dan surat-surat kendaraannya, didata oleh petugas. Usai didata, mereka bukannya ditilang, tetapi dikumpulkan oleh petugas Ditlantas Polda Sumbar tersebut.

Setelah itu, para pelanggar itu diminta membentuk lingkaran dan berjarak sesuai aturan protokol kesehatan. Tiba-tiba, hadir sosok ustad yang sengaja diundang Direktorat Lalulintas Polda Sumbar. Ustad bernama Nurul Yaqin itu pun langsung memberikan tausiah singkatnya.

BACA JUGA:  Lulus Seleksi, CPNS Padangpariaman Diminta Tulus Melayani Masyarakat

Ustad Nurul membahas tentang keselamatan berlalulintas. Baik untuk pengendara serta jalan kaki. Katanya, pentingnya menerapkan aturan yang dibuat pemerintah juga tertulis dalam Al Quran.

“Ada tiga perkara yang kita patuhi pertama aturan dari Allah SWT, kedua dari Rasulullah Muhammad SAW dan ketiga aturan dari pemerintah kita,” katanya.

Jadi, imbunya, dalam kesempatan itu ia fokus mengulas poin ketiga, yang tentunya termasuk aturan tata tertib berlalulintas.

“ Mulai dari memakai sabuk pengamanan, memakai helm dan kondisi saat ini memakai masker dan menjaga jarak. Tujuan yang dilakukan pemerintah yaitu untuk kebaikan kita sendiri. Misalnya helm bisa mengurangi risiko cedera berat pada kepala, apabila kita kecelakaan,” ucapnya.

BACA JUGA:  Pasangan Sejenis di Padang Terancam 12 Tahun Penjara

Untuk itu, ia berharap dengan tausiah itu lebih menyentuh hati masyarakat pengguna jalan, sehingga tidak melanggar aturan berlalulintas. “Mengubah diri sendiri hanya kita yang bisa. Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum kaum tersebut merubah dirinya,” katanya mengingatkan.

Jadilah Pelopor Keselamatan

Sedangkan Direktur Lalulintas Polda Sumbar Kombes Pol Yofie Girianto Putro menyebutkan, tausiah tertib berlalulintas dilakukan untuk menyentuh hati nurani masyarakat akan keselamatan dalam berkendara.

“Kami mengajak masyarakat untuk ikut serta menjadi pelopor keselamatan berlalulintas, karena ini menyangkut nyawa dia sendiri dan orang lain,” tuturnya.

Selama Operasi Patuh Singgalang 2020 kemarin, pihaknya menertibkan setidaknya 35 pengendara. “Pelanggaran yang mendominasi ditemukan pada pengendara sepeda motor dengan yang dibonceng tidak menggunakan helm,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Sehari Bebas, Napi Asimilasi Bakar Rumah Mertua

Untuk itu, ia berharap ke depan pelanggaran tersebut tidak lagi terjadi. Terlebih oleh pengendara yang sama. Yofie juga mengingatkan kembali, operasi patuh yang dimulai 23 Juli 2020, bakal berlangsung hingga 5 Agustus 2020. (da.)

  • Bagikan