Iklan Melayang
Iklan Melayang

Dinas Pertanian Padangpariaman Diaudit Inspektorat

  • Bagikan
Dinas Pertanian Padangpariaman Diaudit
Dinas Pertanian Padangpariaman diaudit oleh Tim Auditor Inspektorat Padangpariaman yang dipimpin langsung Inspektur Padangpariaman, Hendra Aswara, kemarin. (Foto: Humas Pemkab Padangpariaman)
banner 468x60

Padangpariaman | Datiak.com – Dinas Pertanian Padangpariaman diaudit oleh Inspektorat Padangpariaman, kemarin (7/6). Hal itu untuk memastikan kesesuaian setiap program dan kegiatannya. Mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan hingga pelaporannya.

Inspektur Padangpariaman Hendra Aswara, mengatakan bahwa Inspektorat Padangpariaman saat ini memang sedang melakukan audit tahunan. Jadi, tidak saja Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Padangpariaman.

banner 336x280

“Kami melakukan audit mulai dari sekolah, puskesmas, kecamatan hingga Organisasi Perangkat Daerah di Padangpariaman. Ini adalah program pengawasan tahunan,” ujar Hendra Asrawa, di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Padangpariaman, kemarin.

Audit tersebut, imbuhnya, bakal berlangsung selama 15 hari ke depan. Pihaknya sudah membentuk tim yang berisikan beberapan orang auditor untuk menyambangi sekolah, puskesmas, kecamatan hingga OPD di Padangpariaman. “Di Dinas Pertanian Padangpariaman ini, kita menugaskan sebanyak 6 orang auditor,” ungkap Hendra.

Katanya, Dinas Pertanian Padangpariaman diaudit terkait penggunaan anggaran tahun 2020. Tujuannya untuk mengetahui kesesuaian antara program dan kegiatannya. Mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan hingga pelaporannya.

“Program di sektor pertanian merupakan prioritas pemerintah untuk memulihkan ekonomi yang terdampak Covid-19. Hal ini juga ditegaskan bapak Presiden RI saat Rakorwasnas beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Khusus Sumatera Barat, imbuhnya, terdapat dua prioritas program pemerintah. Yakni lumbung pangan pertanian dan pariwisata. Untuk itu, Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan seluruh stakeholder terkait diminta optimal dalam mengawal program tersebut.

“Seluruh dokumen yang diserahkan oleh lembaga yang diaudit, bakal dituangkan oleh auditor dari Inspektorat Padangpariaman ke dalam kertas kerja audit,” ujar alumni STPDN angkatan XI tersebut.

Setelah Dinas Pertanian Padangpariaman diaudit, ia berharap hasilnya bisa menjadi bahan untuk evaluasi kinerja pemerintahan di tahun berikutnya. Khususnya di sektor pertanian dan ketahanan pangan di Padangpariaman.

“Potensi pertanian kita sangat besar. Bahkan kita punya komoditas unggulan, seperti kelapa dan durian. Jika kita terus evaluasi, tentu ini bisa berdampak baik untuk pertumbuhan ekonomi daerah,” tukasnya. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan