Dharmasraya

Dharmasraya salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten yang dijuluki Ranah Cati Nan Tigo ini, terletak di ujung tenggara Sumbar. Sehingga, kabupaten ini langsung berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi.

Dalam administrasi kepemerintahan di Indonesia, Dharmasraya memang tercatat sebagai kabupaten yang masih berusia muda. Namun, dalam catatan sejarah, dulunya kabupaten ini menjadi pusat Pemerintan Kerajaan Melayu.

Tak heran, apabila di Dharmasraya terdapat sejumlah bukti sejarah kerajaan Melayu. Di antaranya Prasasti Padang Roco, Candi Pulau Sawah, Rumah Gadang Siguntur, Rumah Gadang Pulau Punjung, Rumah Gadang Padang Laweh, Rumah Gadang Koto Salak, dan Kerajaan Batu Kangkung.

Setelah ditetapkan sebagai kabupaten melalui Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2003, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menetapkan ibu kota kabupatennya di Kecamatan Pulaupunjung. Sekarang, daerah ini berkembang sangat pesat.

Untuk itu, Datiak.com memastikan fokus mengekspos potensi yang ada di Kabupaten Dharmasraya. Jurnalis kami yang bertugas di sana adalah putra asli daerah tersebut. Sehingga, ia dipastikan dapat memahami dengan baik kearifan lokal dalam mengumpulkan informasi.

Jika ada masyarakat Dharmasraya hendak berbagi informasi untuk ditayangkan di Datiak.com, dapat mengirim rilis ke email: [email protected]. Kami juga bisa dihubungi via WhatsApp ke nomor: 0823-8848-0904.

Setiap informasi yang dikirimkan akan kami tayangkan setelah melalui serangkaian kaidah jurnalistik. Misalnya proses verifikasi dan konfirmasi. Hal itu untuk mengantisipasi adanya informasi bohong yang sengaja dikirimkan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist