Kamis, 22 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Debat Keempat Pilpres 2024 Pasti Sengit: Temanya Berat, Paling Asyik Nonton di Sini

Tiga Cawapres, Muhaimin Iskandar (kiri), Gibran Rakabuming Raka (tengah), dan Mahfud MD (kanan), yang bakal berdebat malam ini (21/1/2024). (Foto: Kanal YouTube BeritaSatu)
431 pembaca

Padang | Datiak.com – Debat keempat Pilpres 2024 bakal dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu ini (21/1/2024) sekitar 19.00 WIB. Debat ini mempertemukan tiga calon wakil presiden (cawapres). Yakni Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD. Debat itu, dapat disaksikan di sini.

Tema debat kali ini adalah pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa. Berbeda dengan tiga debat sebelumnya yang menampilkan seorang pria dan wanita sebagai moderator, pada debat kali ini dua moderator adalah wanita. Keduanya adalah Retno Pinasti dari SCTV dan Zilvia Iskandar dari Metro TV.

Sebanyak 11 pakar dari bidang-bidang terkait tema debat keempat Pilpres 2024, dipilih sebagai panelis untuk menyusun pertanyaan. Yakni Prof Abrar Saleng (Ahli Hukum Agraria dan Sumber Daya Alam Universitas Hasanuddin), dan Dr Arie Sudjito (Sosiolog Pedesaan/Dosen Fisipol Universitas Gadjah Mada).

Selanjutnya, Prof Arif Satria (Ahli Ekologi Politik/Rektor Institut Pertanian Bogor), Dewi Kartika (Ahli Agraria/Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria), dan Fabby Tumiwa (Ahli Transisi Energi/Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform).

Berikutnya, Prof Hariadi Kartodihardjo (Ahli Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB), Prof Ridwan Yahya (Ahli Kehutanan dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Teknologi Hasil Hutan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu), dan Rukka Sombolinggi (Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara).

Lalu, Prof Sudharto P Hadi (Pakar Manajemen Lingkungan/Rektor Universitas Diponegoro 2010–2015), Prof Sulistyowati Irianto (Guru Besar Antropologi Hukum Universitas Indonesia), dan Tubagus Furqon Sofhani (Ahli Perencanaan Wilayah dan Pedesaan Institut Teknologi Bandung).

Sebelumnya, ketiga cawapres yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD tampil dalam rangkaian debat Pilpres 2024 pada 22 Desember 2023. Penampilan ketiganya begitu apik. Adu argumennya pun berlangsung cukup sengit. Jadi, bagaimana kira-kira di debat keempat Pilpres 2024 malam ini?

Jadi, pastinya masyarakat akan lebih penasaran. Terlebih, 6 tema yang diusung dalam debat keempat Pilpres 2024 ini, sangat menarik. Yakni terkait Pembangunan Berkelanjutan dan Lingkungan Hidup, Sumber Daya Alam dan Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat, dan Desa.

Dari 6 tema debat keempat Pilpres 2024 ini, setidaknya terdapat sejumlah isu besar yang akan dibahas. Misalnya isu-isu berikut ini:

  1. Pembangunan Berkelanjutan dan Lingkungan Hidup: Isu ini mencakup strategi dan kebijakan untuk pembangunan yang berkelanjutan tanpa merusak lingkungan.

  2. Sumber Daya Alam dan Energi: Diskusi akan berfokus pada pengelolaan sumber daya alam dan energi yang berkelanjutan.

  3. Pangan: Isu ini berkaitan dengan kebijakan dan strategi untuk memastikan ketahanan pangan.

  4. Agraria: Isu ini mencakup kebijakan agraria dan pengelolaan lahan.

  5. Masyarakat Adat: Diskusi akan berfokus pada hak-hak dan perlindungan masyarakat adat.

  6. Desa: Isu ini mencakup pembangunan dan pemberdayaan desa.

Jadi, masyarakat mesti mempersiapkan diri untuk debat keempat Pilpres 2024 nanti malam. Dengan menyimak secara tajam, masyarakat tentunya dapat lebih memahami wawacan para cawapres ini nantinya.

Jika Anda sedang tidak berada di rumah, atau kesulitan mendapat tempat nonton debat keempat Pilpres 2024 ini, Datiak.com yang merupakan jaringan BeritaSatu.com, menyediakan live streaming-nya untuk Anda.

Menjelang debat dimulai, terdapat juga ulasan-ulasan menarik dalam tayangan BTV yang dapat Anda simak terlebih dahulu. Selamat menonton live streaming debat keempat Pilpres 2024 di bawah ini: