Datuak Safar Minta Tim Sukses tak Euforia

  • Bagikan
Datuak Safar saat bersama Rezka Oktoberia. Keduanya membahas soal kemajuan Limapuluh Kota ke depannya. (Foto: Istimewa)

Limapuluh Kota | Datiak.com – Calon Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Datuak Bandaro yang akan ditetapkan KPU sebagai calon terpilih pada Jumat ini (19/2), meminta kepada tim sukses dan relawannya, agar tidak euphoria dalam menyikapi keluarnya putusan Mahkamah Kontistusi (MK) terkait dengan sengketa Pilkada. Bagi Datuak Safar, demikian Safaruddin akrab disapa, Pilkada sudah usai sejak hasil pemungutan suara dihitung pada Desember 2020 lalu.

”Saya minta kepada tim sukses atau relawan, agar tidak euforia berlebihan, setelah keluarnya putusan MK terkait sengketa Pilkada. Sebab, bagi saya, Pilkada sudah selesai sejak Desember lalu. Kita sekarang tidak lagi bicara nomor urut 1, 2, 3, dan 4. Sebaliknya, mari kita bersamasama membangun daerah ini,” kata Datuak Safar usai bertemu dengan anggota Komisi III DPR-RI Rezka Oktoberia di Jakarta, Kamis malam (18/2).

Dalam pertemuan dengan Rezka itu, Datuak Safar didampingi putranya yang juga anggota DPRD Limapuluh Kota, Donni Ichlas, serta politisi Partai Golkar Feri Lesmana Riswan. Sedangkan Rezka didampingi staf khususnya, Tommy Hadianda. Banyak hal mereka bahas dalam pertemuan tersebut.

Menurut Datuak Safar, dia bertemu dengan Rezka terkait sengketa Pilkada Limapuluh Kota. “Dan kebetulan saya juga masih berada di Jakarta. Jadi sebelum pulang, saya upayakan bertemu dengan tokoh-tokoh asal Limapuluh Kota, termasuk Rezka Oktoberia. Alhamdulillah, beliau menyediakan waktu,” kata Datuak Safar.

BACA JUGA:  Iriadi-Agus jadi Paslon Nomor Urut 4 di Pilkada Kabupaten Solok

Mantan anggota DPRD Sumbar dan DPRD Limapuluh Kota ini menyebut, dalam pertemuannya dengan Rezka, mereka membahas bagaimana ke depannya, Limapuluh Kota bisa bersinergi dengan DPR-RI dan pemerintah pusat membawa APBN ke daerah ini. Sebab, Limapuluh Kota ke depan, tidak mungkin dibangun hanya dengan mengandalkan APBD semata.

“Dalam pertemuan dengan Rezka, kami membahas bagaimana upaya kita bersama-sama nantinya, untuk melanjutkan pembangunan Monumen Nasional Bela Negara di Kototinggi. Sebelumnya, saya bersama Gubernur Sumbar terpilih, Pak Mahyeldi juga ke kantor Kemenkopolhukam untuk membahas kelanjutan pembangunan Monumen Nasional Bela Negara ini,” kata Datuak Safar.

Benahi IKK

Selain membahas tentang Monumen Nasional Bela Negara ini, Datuak Safar dalam pertemuannya dengan Rezka juga mengaku juga membahas pembangunan infrastruktur di kawasan IKK (Ibu Kota Kabupaten) Sarilamak. Sebab, setelah dilantik sebagai bupati nanti, Datuak Safar mengaku ingin membenahi kawasan IKK Sarilamak.

BACA JUGA:  Singgalang Kariang Longsor, Pengendara Diminta Hati-hati

“Untuk membenahi kawasan IKK Sarilamak Ini tentu butuh sentuhan pusat. Butuh peran dari DPR-RI juga. Apalagi, kita tahu. Sekarang, jalan nasional Sumbar-Riau itu, melewati kawasan IKK Sarilamak. Sementara, kita ingin, IKK Sarilamak ini dibenahi. Tentunya nanti, kita perlu bersama-sama mengusulkan, agar jalan nasional yang lewat IKK Sarilamak ini, dialihkan. Bisa saja ke Gurun atau Batu Balang. Sehingga kawasan IKK Sarilamak, bisa dibangun lebih maksimal,” ujar Datuak Safar.

Selain membahas IKK Sarilamak, menurut Safar, dia dalam pertemuan dengan Rezka Oktoberia, juga membahas tentang potensi jeruk di Kabupaten Limapuluh Kota. Baik jeruk siam Gunuang Omeh, jeruk andiang, ataupun jeruk Situjuah. Bagaimana produksi jeruk yang sudah berlimpah ini nantinya, bisa menggeliatkan sektor industri rumah tangga dan industri kreatif, semisal pembuatan sirup jeruk atau lainnya.

“Kemudian, dalam pertemuan dengan Rezka, kami juga bahas upaya untuk kemajuan sektor pariwisata ke depannya. Dan (Rezka), sangat merespons. Beliau juga akan membawa tokoh-tokoh nasional dan aktivis pariwisata ke Limapuluh Kota, seperti Putri Pariwisata Indonesia yang sudah dibawa ke Lembah Harau, beberapa waktu lalu. Terus terang, saya baru sekali bertemu Rezka. Tapi saya salut, Bundo Kanduang Luak Limopuluah ini memang punya wawasan dan skill yang matang. Pantas beliau jadi anggota DPR-RI,” kata Datuak Safar.

BACA JUGA:  Padangpariaman Mulai Cairkan BLT Nagari Senin Besok
Rezka Terharu

Sementara itu, anggota Komisi III DPR-RI dari Fraksi Partai Demokrat, Rezka Oktoberia, menyambut positif Datuak Safar yang datang menemuinya di Jakarta. “Saya pribadi, sangat respect. Sekaligus bangga dan terharu didatangi oleh bupati terpilih. Apalagi, sudah ada putusan MK terkait dengan sengketa Pilkada Limapuluh Kota,” kata Rezka.

Menurut Rezka, putusan MK terkait dengan permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota juga sudah final. Datuak Safar dan pasangannya, Rizki Kurniawan Nakasri, tinggal menunggu penetapan sebagai pasangan calon terpilih dari KPU dan DPRD, untuk kemudian dilantik sebagai bupati dan wakil bupati.

“Setelah ada putusan MK ini, saatnyalah kita semua di Limapuluh Kota untuk bersatu. Tidak ada lagi nomor 1, 2, 3, dan 4. Perbedaan itu sudah selesai. Mari kita bersinergi untuk Limapuluh Kota. Untuk percepatan pembangunan daerah kita, basamosamo kito bangun Limapuluh Kota ini,” kata Rezka Oktoberia. (da.)

  • Bagikan