Damri di Tuapejat tak sampai Sioban, Ini Alasan Kadishub

  • Bagikan
Damri di Tuapejat
Damri rute Tuapejat-Rokot yang diharapkan masyarakat Sipora Selatan bisa sampai ke Sioban. (Foto: FB When (Wendi))

Mentawai | Datiak.com – Belum cukup sebulan beroperasi, keberadaan Damri di Tuapejat mulai dikeluhkan masyarakat. Perkaranya, rute Damri tidak sampai ke Desa Sioban, Kecamatan Sipora Selatan. Padahal, masyarakat sangat membutuhkannya.

Hal itu dibenarkan oleh Camat Sipora Selatan, Yusuf Hadisumarto. Ia mengaku sering mendengar dan mendapat langsung keluhan masyarakat. Mereka ingin Damri di Tuapejat tidak saja sampai di Dusun Rokot, tetapi lanjut ke Desa Sioban.

“Aspirasi dari masyarakat tersebut tentunya akan kita sampaikan ke Dinas Perhubungan (Dishub) Mentawai. Mudah-mudahan terakomodir karena masyarakat sangat mengharapkannya,” ungkap Yusuf, kemarin.

Terpisah, Kepala Dishub Mentawai, Tohap Nababan, mengungkapkan bahwa pihaknya sebenarnya sudah memperjuangkan apa yang diharapkan masyarakat tersebut. Bahkan, pihaknya membawa pihak Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Sumbar melakukan pengecekan di lapangan.

“Setelah dicek, ternyata diputuskan bahwa Damri di Tuapejat hanya sampai Rokot. Pasalnya, (kondisi) jalan dari Rokot hingga Sioban belum dapat ditempuhnya,” ungkap Tohap.

Kendati demikian, Tohap memastikan bahwa Pemkab Mentawai melalui Dishub Mentawai, tidak akan menyerah begitu saja. Pihaknya berjanji terus mengupayakan agar keinginan masyarakat di pusat Sipora Selatan tersebut terkabulkan.

“Kalaupun tidak dapat tahun ini, kita usahakan Damri di Tuapejat rutenya bisa sampai ke Sioban tahun depan,” ucapnya optimis.

Untuk mewujudkan itu, pihaknya sudah menyurati pihak terkait. Mulai dari Dishub dan Dinas Pekerjaan Umum Sumbar, BPTD Wilayah III Sumbar, serta Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR.

“Kalau memang jalan menjadi kendala, setidaknya kita berharap ada solusi untuk memenuhi hal itu. Misalnya dengan menyediakan layanan Damri ukuran minibus,” tukas Tohap. (da.)


Baca berita Mentawai hari ini di Datiak.com.

  • Bagikan