Daerah Wisata Harus Waspada Virus Corona

  • Bagikan
direktur rsud mentawai
Direktur RSUD Mentawai, Jimmy Yul Ambarita saat menjelaskan upaya pihaknya mencegah virus corona masuk ke Mentawai. (Foto: Humas)

Mentawai – Kabupaten Kepulauan Mentawai salah satu daerah tujuan wisatawan mancanegara di Indonesia. Dominan, turis asing datang ke “Bumi Sikerei” itu untuk melampiaskan hobi bermain surfing (berselancar), di laut Mentawai yang dikenal dengan ombaknya yang menantang.

Namun, belakangan ini informasi virus corona kian merebak di dunia. Bahkan, sudah ada ditemukan penderitanya di Indonesia ini. Menyikapi itu, Pemkab Mentawai langsung membentuk kebijakan. Sebab, mereka menyadari daerah yang rutin dikunjungi wisatawan internasional, rawan terkontaminasi virus mematikan tersebut.

“Sebenarnya untuk mengantisipasi ini (virus corona, Red), kita sudah bahas jauh-jauh hari. Kita juga melakukan pertemuan bersama dokter-dokter kita, untuk membuat kembali atau mengaktifkan alert system menyangkut kalau ada virus corona,” kata Direktur RSUD Mentawai, Jimmy Yul Ambarita, seperti dilansir situs resmi Pemkab Mentawai.

BACA JUGA:  Tarok City Bagus untuk Agrowisata Peternakan Lebah Madu

Untuk alur atau prosesnya, imbuh Jimmy, tetap seperti biasanya. Yakni, pasien yang baru masuk RSUD Mentawai, bakal ditanyai oleh petugas kesehatan di sana. Baik pasien yang mendaftar Rekam Medis (MR) ataupun yang masuk ke Instalasi Gawat Darurat (IGD).

“Petugas kita akan bertanya, ‘bapak/ibu sudah pernah ke daerah ini belum? Sudah ke sini belum?’ Jika kita mencurigai pasien itu, petugas kita akan mengaktifkan alert system. Jadi, pasien tersebut akan langsung diisolasi petugas kita,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa RSUD Mentawai memiliki gedung baru, yang bisa diatur untuk sementara, sebagai tempat isolasi pasien yang diduga atau dicurigai mengindap virus corona. Namun, apabila diperlukan tindakan lebih lanjut, pihaknya bakal berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Mentawai, bahkan ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar.

BACA JUGA:  Suhatri Bur Minta Dukungan Pengembangan Pariwisata Padangpariaman

“Pasien yang diduga terkena virus corona atau yang diperiksa di daerah Sumatera Barat akan dipusatkan di RSUP M Djamil Padang,” katanya. (da.)

  • Bagikan