Covid-19 Varian Omicron Papar 1 Orang ASN Mentawai

  • Bagikan
Covid-19 varian omicron di Mentawai
Ilustrasi perlindungan dari ancaman Covid-19 varian omicron yang kini mulai merebak di Indonesia. Di Mentawai, akhir pekan lalu ditemukan 1 orang ASN terpapar varian omicron tersebut. (Foto: Net)

Mentawai | Datiak.com – Penganan pandemi Covid-19 belum berakhir di Mentawai. Pasalnya, Covid-19 varian Omicron mulai ditemukan oleh Satgas di sana. Tepatnya pada Sabtu (29/1), seorang ASN Mentawai dilaporkan terkonfirmasi Covid-19 jenis baru tersebut.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar, ketika dihubungi kemarin. Katanya, ASN yang terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron itu, berasal dari Kecamatan Pagai Selatan. Lantaran kebijakan negatif Covid-19 bagi pelaku perjalanan ke Mentawai masih berlaku, ia pun menjalani rapid test antigen di Posko Azizi Padang.

“Dari hasil rapid itu dia dinyatakan positif. Dokter dan petugas kesehatan di posko pun langsung melakukan pemeriksaan swab/PCR. Alhasilnya, dia memang positif Covid-19,” ungkap Lahmuddin saat dihubungi, Senin (31/1).

Selanjutnya dilakukan uji laboratorium di Universitas Andalas (Unand). Dari hasil labor yang keluar pada Minggu (30/1), ASN tersebut dinyatakan positif Covid-19 varian Omicron.

“Sebelumnya, yang bersangkutan (seorang ASN yang positif Covid-19, Red), melakukan perjalanan dinas ke Kota Medan,” ungkapnya.

Penemuan kasus tersebut, menambah catatan warga Mentawai yang terkonfirmasi, menjadi 1.980 orang per 29 Januari 2022. Untuk itu, katanya penanganan dan pencegahan Covid-19 harus tetap berjalan. Mulai dari testing, tracing dan treatment terus dilakukan secara konsisten.

“Kita harus terus mendukung upaya perlindungan masyarakat dari ancaman Covid-19, dengan mengikuti imbauan pemerintah. Ikuti vaksinasi bagi masyarakat umur 6 tahun ke atas,” tukasnya. (da.)


Baca berita Mentawai hari ini di Datiak.com.

  • Bagikan