Cita-cita Suhatri Bur untuk Padangpariaman

  • Bagikan
Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, menyampaikan cita-cita besarnya ketika memimpin apel gabungan perdana, Senin(1/3). Cita-cita Suhatri Bur tersebut, dirangkum dalam empat poin.

Padangpariaman | Datiak.com – Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, menyampaikan cita-cita besarnya ketika memimpin apel gabungan perdana, Senin(1/3). Cita-cita Suhatri Bur tersebut, dirangkum dalam empat poin. Yakni menjadi Ranah Saiyo Sakato itu unggul berkelanjutan, religius, sejahtera dan berbudaya.

Menurut Suhatri Bur, unggul berkelanjutan dicita-citakannya agar Padangpariaman maju selangkah dari daerah lainnya dalam berbagai hal. “Unggul itu sifatnya memang harus berkelanjutan. Jadi, ada nilai ukur bahwa kita telah maju selangkah dari daerah lain,” hemat Suhatri Bur.

Sedangkan religius, menurutnya sangat penting karena Padangpariaman sudah sangat dikenal sebagai peradaban Islam di Tanah Minangkabau ini. “Jadi kita harus terus menjaga nilai-nilai dan berpegang teguh pada agama, sehingga kualitas ibadah kita terus meningkat,” ungkap bupati yang pernah mengenyam pendidikan pesantren tersebut.

Selanjutnya sejahtera. Baginya, hal itu bisa terwujud disaat taraf hidup masyarakat sudah bisa dikatakan layak. Mulai dari sisi perekomian, pendidikan, kesehatan, ataupun sosialnya. “Jadi indikator kesejahteraan itu harus kita ukur dari berbagai sisi kehidupan,” cermatnya.

Terakhir, cita-cita Suhatri Bur yaitu menginginkan agar masyarakat terus mempertahankan budaya leluhurnya. Terlebih di kalangan generasi muda. Sebab, adat-istiadat di Padangpariaman menurutnya memiliki potensi besar. Terlebih dalam mendukung kemajuan pariwisata. “Kita harus mengangkat nilai-nilai budaya kita sehingga dikenal luas,” ajaknya.

Untuk mencapai empat poin itu, Suhatri Bur meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait merumuskannya ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Sehingga, setiap program yang digerakkan Pemkab Padangpariaman, bermuara untuk pencapaian empat poin tersebut.

“Jadi kematangan perencanaan sangatlah penting dalam membangun daerah. Sehingga, arah kerja kita menjadi jelas dan selalu terukur,” ucapnya.

Dengan begitu, lanjutnya, Padangpariaman ke depan tidak saja menjadi daerah yang terdepan dalam hal pembangunan infrastruktur. Tetapi, juga dikenal sebagai kabupaten yang kental nuansa religius dan kebudayaannya.

“Cita-cita ini tentu juga sangat bergantung kepada dukungan penuh seluruh pihak untuk mencapainya. Selain itu, kesungguhan kita dalam menjalankan roda pemerintahan,” pungkas bupati yang akrab disapa Aciak tersebut. (da.)

  • Bagikan