Iklan Melayang
Iklan Melayang

Cegah Covid-19 di Mentawai, Zona Hijau Sudah Dekat

  • Bagikan
Bupati Mentawai saat rakor virtual bersama Forkopimda Mentawai, Senin (17/5). untuk terus memaksimalkan upaya cegah Covid-19 di Mentawai.
Foto: Pemkab Kepulauan Mentawai
banner 468x60

Mentawai | Datiak.com – Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet, memimpin rapat koordinasi (rakor) secara virtual, Senin (17/5). Hal itu dilakukan sebagai bentuk keseriusan untuk terus memaksimalkan upaya cegah Covid-19 di Mentawai.

Rakor yang digelar di Aula Kantor Bupati Kepulauan Mentawai tersebut diikuti pimpinan OPD, DPRD serta unsur Forkopimda di Mentawai. Di antaranya Dandim 0319, Danlanal serta Kapolres Mentawai. “Ya, rakor ini memang kita adanya untuk membahas upaya-upaya memaksimalkan pencegahan penyebaran Covid-19,” ujar Yudas.

banner 336x280

Sesuai arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), imbuh Yudas, pemerintah daerah harus melakukan koordinasi maksimal, sehingga upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terkoordinir. Terlebih masih dalam suasana libur Lebaran di masyarakat. “Seperti kita ketahui, selama Lebaran banyak masyarakat yang mudik. Sebab, mobilitas manusia antar kabupaten/kota di suatu provinsi tidak dilarang,” paparnya.

Bahkan, imbuhnya, masih ada masyarakat antarprovinsi di Indonesia yang melakukan mudik. Padahal, pemerintah sudah mengeluarkan larangan mudik Lebaran antarprovinsi. “Meskipun pemerintah daerah bersama Forkopimda sudah melakukan penyekatan, upaya melanggar masih saja dilakukan masyarakat yang kekeh untuk mudik,” ungkapnya.

Sehingga, lanjut Yudas, presiden memperingatkan kepada sejumlah kepala daerah untuk mengantisipasi meningkatnya penyebaran Covid-19 di daerah mereka. Termasuk di dalamnya daerah Sumatera Barat, karena masih adanya perantau yang berhasil pulang kampung atau mudik. “Kami mengimbau masyarakat Mentawai agar mematuhi protokol kesehatan agar kita bisa bersama-sama cegah Covid-19 di Mentawai,” tukas Yudas.

Perkembangan Kasus

Data yang dikumpulkan Datiak.com, per Selasa (18/5), jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumbar bertambah sebanyak 230 pasien. Mayoritas pasien positif itu berasal dari Kota Padang, yakni 132 orang. Dari 230 orang pasien tersebut, 6 orang di antaranya dari Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Dengan demikian, jumlah kasus positif Covid-19 di Mentawai tercatat menjadi 695 orang. Beruntung, 630 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh dari virus asal Wuhan, Hubei, Tiongkok tersebut. Sedangkan jumlah pasien meninggal di Mentawai tercatat 1 orang. Artinya, sekarang jumlah pasien di Mentawai yang masih menjalani perawatan (karantina atau isolasi), yaitu 64 orang.

Di sisi lain, apabila pemkab, stakeholder tekait serta masyarakat Mentawai gencar dalam melakukan upaya-upaya cegah Covid-19 di Mentawai, Bumi Sikerei tersebut berpeluang besar menjadi zona hijau atau terbebas dari Covid-19. Hal itu lantaran Kepulauan Mentawai saat ini sudah termasuk dalam zona kuning (resiko rendah) penyebaran Covid-19 dengan skor 2,54. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan